Kemunculan Buaya Juga Terlihat di Pantai Banda Gadang, Padang Pariaman

Kemunculan Buaya Juga Terlihat di Pantai Banda Gadang Padang Pariaman Sumber: istimewa

Covesia.com - Buaya muara atau crocodilus porosus, terlihat di pantai Gasan Gadang, Kabupaten Padang Pariaman. Hal itu sesual informasi masyarakat yang berada di bibir pantai setempat.

Kasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam, (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) Khairi Ramadhan mengatakan, kemunculan hewan tersebut berkemungkinan besar adalah individu yang sama dengan yang terlihat di Gasan Kaciak, Pantai Bandar Mutiara Dan Pantai Pasia Tiku, Selasa (2/3/2021) kemarin.

"Kita mendapat laporan kemuncuan buaya di Pantai Gasan Gadang, sekitar pukul 20.00 WIB, warga melihat buaya dengan panjang 1,5 meter, berkemunfkinan hewan tersebut yang terlihat kemarin di Pantai Gasan Ketek, Banda Gadang dan Pasia Toku Kemarin," ujarnya.

Dijelaskannya, Buaya tersebut bergeser ke Gasan Gadang, Padang Pariaman pada Rabu (3/3/2021) pagi, hal itu sesuai informasi warga yang melihat buaya itu mengarah ke Gasan Gadang.

"Warga melihat buaya tersebut mengarah ke Gadan Gadang yang berjarak 3-4 KM dari Pantai Pasia Tiku," lanjutnya.

Saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kepala BKSDA Padang Pariaman untuk melakukan tindak lanjut. Namun, sementara waktu pihaknya tetap memantau apakah buaya itu kembali ke Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara.

"Kita telah menyampaikan ke warga untuk tidak mengganggu apabila menemukan buaya dan segera melaporkan ke kami," katanya.

Guna mengatasi serangan terhadap manusia, pihaknya telah memasang spanduk larangan bagi pengunjung untuk sementara waktu agar tidak melakukan aktivitas di dalam air atau laut. Spanduk itu dipasang di Pantai Banda Mutiara, Pantai Pasia Tiku dan Tempat Pendaratan Ikan (TPI).

"Sementara waktu kita menghimbau masyarakat tidak melakukan aktifitas di sekitar pantai, dan meminta segera melaporkan jika melihat adanya kemunculan buaya," tutupnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga