Kejari Pesisir Selatan Musnahkan Barang Bukti Narkotika Jenis Sabu-sabu dan Ganja

Kejari Pesisir Selatan Musnahkan Barang Bukti Narkotika Jenis Sabusabu dan Ganja Foto. Indra Yen

Covesia.com - Kejaksaan Negeri Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) musnakan barang bukti narkotika jeni sabu-sabu dan ganja. Pemusnahan itu dilakukan, setelah perkaranya sudah diputuskan dan telah memiliki hukum tetap. 

Kepala Kejaksaan Negeri Pessel Dona Rumiris mengatakan, pemusnahan atau pembakaran barang bukti narkotika jenis sabu-sabu dan ganja tersebut disaksikan langsung oleh penyidik Satnarkoba Polres Pesisir Selatan di halaman kantor Kejari Painan. 

"Pemusnahan barang bukti kali ini merupakan kasus yang terjadi sepanjang tahun ini. Mulai dari Januari 2021 sampai sekarang," sebutnya pada awak media Rabu (24/11/2021) di Painan. 

Ia menerangkan, pemusnahan terhadap barang bukti tersebut merupakan perkara atau kasus yang sudah inkrah dan berkekuatan hukum tetap sesuai putusan hakim di tingkat PN Pesisir Selatan.

"Berdasarkan undang-undang barang bukti perkara yang telah diputus oleh pengadilan. Maka wajib barangbuktinya dimusnahkan," katanya. 

Disampaikannya, total perkara yang sampai saat ini ditangani oleh Pengadilan Negeri (PN), ada sebanyak 54 perkara dari kasus psikotropika dan narkotika.

"Dari banyaknya perkara. Rata-rata didominasi atau paling banyak dari kasus narkoba di Pesisir Selatan," ujarnya. 

Kemudian, barang bukti yang dimusnahkan pada hari ini diantaranya, narkotika jeni sabu-sabu seberat 53,14 gram, ganja seberat 5.269,50 gram dan 18 unit smartphone berbagai merek. 

"Barang bukti itu dihancurkan dengan berbagai macam cara, untuk narkotika dibakar dan didihkan di tong sampah besar, ā€ˇsedangkan untuk barang-barang elektronik dihancuran dengan cara dilakukan pemecahan menggunakan alat," tutupnya. 

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut diantaranya, Kepala Kejaksaan Negeri Pessel Dona Rumiris, Kasi Pidum Saparman, Kasi Barang Bukti dan Rampasan Tengku Apriyaldi dan penyidik dari Mapolres Pessel. 

(idy)

Berita Terkait

Baca Juga