Wujudkan Jurnalistik yang Aktual dan Berkualitas, Puluhan Jurnalis Ikuti Bimtek

Wujudkan Jurnalistik yang Aktual dan Berkualitas Puluhan Jurnalis Ikuti Bimtek
Covesia.com - Dinas Komunikasi Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Sumbar menggelar bimbingan teknis jurnalistik sekaitan dengan anggaran. Hal itu guna mewujudkan jurnalistik yng terkatual dan berkualitas. 

"Masalah anggaran perlu transparansi dan dijelaskan agar dapat disampaikan kepada masyarakat. Kita berharap dengan bimtek ini jurnalis dapat memberikan informasi terbaik kepada masyarakat," ungkap Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, Jasman Rizal, Jumat (26/11/2021). 

Dia juga mengatakan media adalah teman terbaik bagi pemerintah. Maka perlu ditingkatkan silaturahmi dengan insan pers, salah satunya dengan bimbingan teknis ini. 

Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan kegiatan ini terselenggara juga karena bentuk perhatian anggota dewan terhadap profesi jurnalis. 

"Kalau bisa kegiatan ini bisa dilaksanakan sekali 3 bulan. Karena terlalu bnyak kelemahan dari segi informasi selain intelijen, jurnalis juga banyak mengeluarkan solusi untuk pemerintahan," ungkap Supardi. 

Diketahui dalam bimtek tersebut dibahas terkait anggaran daerah dari perspektif Keterbukaan Informasi, kebijakan redaksi dalam pemberitaan soal APBD, Memberitakan anggaran, mekanisme pembahasan anggaran di DPRD Sumbar , strategi politik anggaran dan materi lainnya yang sekaitan dengan anggaran. 

Untuk narasumbernya berasal dari Komisi Informasi Sumbar, Ketua DPRD, Pemred Singgalang, Ketua Ombudsman dan lain sebagainya. Bimtek berlangsung dimulai, Jumat-Minggu (26-28/11/2021).
(ila)

Berita Terkait

Baca Juga