Intensitas Kebakaran Hutan dan Lahan Rendah, Sumbar Tetap Siaga Karhutla

Intensitas Kebakaran Hutan dan Lahan Rendah Sumbar Tetap Siaga Karhutla Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy

Covesia.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengatakan, intensitas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumbar cukup rendah dibanding daerah-daerah lainnya di Indonesia. 

"Sumbar ini low risk yang untuk kebakaran hutan. Kebakaran hutan dan lahan itu kebanyakannya di kebun sawit," ungkap Audy saat menghadiri Rakor Karhutla Sumbar 2021, Kamis (2/12/2021). 

Audy menjelaskan, kebun sawit di Sumbar sekitar 500 ribuan hektare. Sementara di Riau ada 5 juta hektare. Meskipun Sumbar ini "low risk," katanya, tapi pemerintah daerah tidak boleh abai. 

"Kesiapsiagaan kita terhadap karhutla ini luar biasa. Tadi pak direktur bercerita kita di 10 UPT punya alat-alat yang lengkap mulai pompa apung, pompa besar, kecil, personil dan drone," ujarnya. 

Untuk pengendalian, menurut Audy, Sumbar sudah cukup bagus. Titik api di Sumbar tidak terlalu banyak karena sudah berhasil dicegah lebih dulu.

"Kita apresiasi kepada Dinas Kehutanan juga pak DirekturLKehutanan, bisa menjadi contoh secara nasional kesiapsiagaan kita terhadap karhutla. Meski 'low risk' kita tetap siaga," pungkasnya. 

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga