Satu Ekor Harimau Sumatera Masuk Kandang Jebak di Palembayan Agam

Satu Ekor Harimau Sumatera Masuk Kandang Jebak di Palembayan Agam Ilustrasi (Foto: Ist)

Covesia.com - Satu ekor satwa dilindungi jenis Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) yang berkeliaran di pemukiman warga Maua Hilia, Jorong Kayu Pasak Timur, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, akhirnya masuk ke kandang jebak yang dipasang Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat.

Kepala Resor KSDA Agam, Ade Putra mengatakan, satwa ini diketahui masuk perangkap oleh warga saat akan memberi makan kambing umpan yang diletakkan di dalam perangkap, Senin (10/1/2022) sekitar pukul 14.00 WIB. "Kita mendapat laporan dari masyarakat dan langsung kita lakukan evakuasi," ujarnya.

Dikatakan Ade putra BKSDA Sumbar memasang perangkap jebak ini setelah mendapat laporan satwa dilindungi Undang-undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekositemnya itu menyerang hewan ternak warga setempat.

Sebelumnya petugas juga sudah melakukan pengusiran dengan menggunakan bunyi-bunyian namun laporan serangan masih dilaporkan terjadi. "Kemudian kita memasang 2 unit kandang jebak di lokasi satwa tersebut ditemukan pada Kamis (23/12/2021) kemarin,"

Proses evakuasi juga dibantu Polsek Palembayan Walinagari Salareh Aia dan perangkat pemerintah Jorong Kayu Pasak Timur.

"Kita melarang warga mendekati lokasi, hal ini mengantisipasi satwa ini merasa terganggu dan agresif," terangnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga