Sampel Bakso Bakar Diduga Penyebab Keracunan Massal Siswa SD di Padang Diserahkan ke BBPOM

Sampel Bakso Bakar Diduga Penyebab Keracunan Massal Siswa SD di Padang Diserahkan ke BBPOM Saat sejumlah siswa SDN 29 Gunung Sariak Padang, yang diduga keracunan makanan dirawat di RSUD Rasidin Padang, Selasa (11/1/2022)(Foto: Covesia-Primadoni)

Covesia.com - Kabid Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Rasidin Padang dr Sri Kurnia Yati mengatakan, sampel makanan bakso bakar yang diduga penyebab puluhan siswa SDN 29 Gunung Sariak, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, dan masyarakat sudah diberikan ke Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang.

"Sampel kita ambil dari muntahan anak-anak. Kita sudah koordinasi dengan puskesmas Kuranji, untuk dibawa ke BBPOM untuk diperiksa," ujar, dr Sri Kurnia, Selasa (11/1/2022).

Ia mengatakan data terbaru ada sekitar 36 orang keracunan makanan dari jajanan di luar pekarangan SDN tersebut, yakni 31 siswa, 5 orang tua termasuk ibu hamil yang tinggal di sekitar sekolah itu.

"Saat ini ada tiga korban yang masih dilakukan perawatan di rumah sakit, karena pasien yang terbilang parah, yaitu muntah hebat yang lebih dari 10 kali, dan saat ini kondisinya masih sakit perut," ungkapnya.

Sedangkan untuk pasien yang telah sudah sembuh diberikan obat serta makanan bubur untuk mengantisipasi akibat keracunan makanan.

Dikatakannya, puluhan korban tersebut diduga keracunan makanan bakso bakar yang dijual di sekitar sekolah tersebut. Rata-rata korban keracunan ini keluhannya muntah dan sakit perut.

Sebelumnya peristiwa itu diduga berawal saat anak-anak masuk sekolah dan belanja bakso bakar sekitar pukul 07.00 WIB. Kemudian diketahui sekitar pukul 09.00 WIB ada satu orang anak yang pusing dan mual, lalu muntah-muntah.

"Kami duga cuma pusing-pusing biasa, tapi tiba-tiba ada anak-anak lain yang mengeluhkan hal yang sama dan muntah," kata Wakil Kepala Sekolah SDN 29 Gunung Sariak Afrizal.

Kemudian, setelah bertanya kepada siswa, barulah anak-anak itu mengakui mereka usai menyantap makanan di depan sekolah, yaitu bakso bakar.

(don)


Berita Terkait

Baca Juga