Deputy Kemenpan-RB Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik di Kanwil Kemenkumham Sumbar

Deputy KemenpanRB Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik di Kanwil Kemenkumham Sumbar Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB saat meninjau kinerja pelayanan publik di Kanwil Kemenkumham Sumbar di Padang, Rabu (19/1/2022) sore.

Covesia.com - Inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Barat (Sumbar), mendapat apresiasi dan pujian dari Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI, Diah Natalisa.

"Kami mengapresiasi sistem pelayanan publik yang sudah dilakukan oleh Kemenkumham Sumbar, dimana alur pelayanan, kejelasan informasi, dan penyediaan sarana-prasarana telah berjalan dengan baik," kata Diah, saat meninjau kinerja pelayanan publik di Kanwil Kemenkumham Sumbar di Padang, Rabu (19/1/2022) sore.

Ia mengatakan dalam hal penyediaan sarana dan prasarana pelayanan publik tidak perlu menonjolkan kemewahan, yang terpenting adalah apik, ditata dengan baik, bersih, serta membantu pihak yang dilayani.

"Terpenting adalah jelas kapan akan dilayani, dimana akan dilayani, dan mengedepankan akuntabilitas. Hal itu sudah berjalan di sini," bebernya.

Lebih lanjut Diah menyampaikan, sistem pengelolaan pengaduan masyarakat juga sudah diterapkan dengan baik. Termasuk aplikasi lapor yang dikelola oleh Kemenpan-RB.

"Kita akan mendorong Kanwil Kemenkumham Sumbar agar terus berinovasi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat provinsi setempat, terutama pelayanan yang berbasis digital," ujarnya.

Menurut Diah inovasi tidak perlu bicara hal-hal yang muluk karena yang penting adalah tepat sasaran, paham masalah yang dihadapi, kemudian dicari solusi dari permasalahannya.

"Kita juga mengapresiasi semangat dan komitmen yang ditunjukkan oleh R Andika Dwi Prasetya selaku Kepala Kanwil Kemenkumham beserta jajaran dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik sejauh ini," tutur Diah.

Pada bagian lain, dalam kunjungan tersebut Diah Natalisa juga sempat meninjau sejumlah loket dan ruang pelayanan yang ada di Kanwil Kemenkumham Sumbar. 

Mulai dari pojok media, loket pelayanan "Law and Human Rights Center", ruang laktasi,  perpustakaan dan rumah pelayanan ramah HAM, ruang rapat harmonisasi peraturan daerah (ruang rapat Bung Hatta), serta ruang podcast "Rancak".

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar R Andika Dwi Prasetya mengatakan perubahan-perubahan terus dilakukan pihaknya guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Ia mensyukuri bahwa pada Desember  2021 pihaknya berhasil menyabet predikat zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kemenpan-RB, namun ia menggaris bawahi predikat tersebut bukanlah misi utama.

"Misi yang utama adalah meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat sesuai arahan Menteri Hukum dan HAM," kata dia.

(don)

Berita Terkait

Baca Juga