Jadwal Wisuda UIN IB Padang H-5 Lebaran Tuai Kontroversi, Begini Tanggapan Pimpinan Kampus

Jadwal Wisuda UIN IB Padang H5 Lebaran Tuai Kontroversi Begini Tanggapan Pimpinan Kampus Kantor Rektorat UIN Imam Bonjol Padang (Foto: Lisa-Covesia)

Covesia.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang menetapkan jadwal wisuda ke-87 pada 27-28 April 2022 mendatang. Jadwal itu merupakan H-5 lebaran 1443 Hijriah. 

Menangapi keputusan pimpinan kampus Islam tertua di Sumatera Barat itu, sejumlah mahasiswa merasa diberatkan karena pelaksanaanya menjelang lebaran Idul Fitri hingga meminta penundaan jadwal. 

Salah satu mahasiswa, Puja Dikusuma Mardiana mengatakan, keputusan yang diambil pihak kampus memberatkan mahasiswa. Apalagi menjelang lebaran nanti banyak yang akan dipersiapkan di rumah. 

"Wisuda bulan puasa itu tidak efektif, saya harap pihak kampus ada penundaan jadwal. seperti yang sebelumnya jadwal wisuda selalu di undur," terang dia saat dihubungi covesia.com, Rabu (13/4/2020). 

lanjut dia, selain H-5 lebaran pihak kampus juga mengeluarkan pengumuman secara mendadak. "Pengumumannya baru kemarin, sedangkan kami akan wisuda pada 27-28 April, wisudakan juga butuh persiapan," ujar calon wisudawan yang berhasil menempuh S1 dengan 7 semester. 

"Ia kalau kita mahasiswa Sumbar masih bisalah, tapi jika mereka di luar Sumbar tentu hambatannya lebih besar, seperti tiket pesawat yang kerap jadi perbincangan di WAG," ujar dia. 

Sementara itu, WR 1 Bidang Akademik UIN IB, Yasrul Huda mengatakan, keputusan pelaksanaan wisuda menjelang lebaran itu sudah berdasarkan rapat pimpinan kampus dan sesuai juga dengan kalender akademik. "Jadwalnya telah sesuai dengan kalender akademik, jadi ini bukan keputusan baru," ujar dia.

"Calon wisudawan/ti ke-87 ada sebanyak 1.477 orang. Untuk pelaksanaannya kita ofline," jelasnya. 

Tambahnya, protes dari mahasiswa terhadap suatu keputusan kampus itu adalah hal yang wajar, wisuda ini hukumnya tidak wajib bisa saja nantinya menghadiri secara online bagi yang memang berhalangan berat untuk hadir secara ofline. 

"Yang jelas kita harus wisuda 27-28, ke depannya kita lihat juga respon mahasiswa, jika nanti harus ada onlinenya maka kita laksanakan. Lihat dulu nanti," tegas dia. 

Kendati begitu, dari pelaksanan wisuda UIB IB sebelumnya ada yang diundur. Saat covesia tanya apakah pelaksanaan wisuda tetap digelar h-5 lebaran karena mengejar akreditasi salah satu fakultas, WR I itu tidak menolak hal itu. "Yaa betul, karena mengejar akreditasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan," tutup dia.

(lsm)

Berita Terkait

Baca Juga