Diperkirakan 1,8 Juta Perantau Pulang ke Sumbar

Diperkirakan 18 Juta Perantau Pulang ke Sumbar Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi (Foto: Dok. Laila-Covesia)

Covesia.com - Kunjungan ke Sumatera Barat (Sumbar) saat lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, diperkirakan akan melonjak tajam. Bahkan diperkirakan akan ada 1,8 juta yang akan datang ke Sumbar.

Menyikapi hal itu, pemprov Sumbar melakukan perbaikan infrastruktur jalan.

"Jalan nasional dalam tahap pembenahan, lebih 90 persen kesiapannya. Jalan provinsi sedang dirapikan dan mengurangi ruas yang rusak," ungkap Gubernur Sumbar saat konferensi pers di Istana Gubernur, Rabu (20/4/2022).

Tingginya minat pemudik ditandai dengan tiket pesawat H-10 Idul Fitri sudah penuh. Sehingga kemungkinan jalur darat akan padat.

Tak ayal pemprov meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait berkoordinasi dengan kabupaten kota menyiapkan berbagai persiapan, seperti perbaikan infrastruktur, objek wisata, memasang atau memperbaiki rambu-rambu penunjuk jalan. Termasuk antisipasi kepadatan lalulintas.

"Dengan jumlah kendaraan yang akan sangat padat, jangan ada lagi yang minta-minta di jalan dengan berbagai dalih, sebab membahayakan diri sendiri dan orang lain. Parkir liar dan pengamanan juga menjadi perhatian. Sarana kesehatan, rumah sakit dan puskesmas agar tetap melayani," lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mahyeldi juga menyampaikan bagi masyarakat yang mengalami kendala terkait menghadapi lebaran bisa menghubungi kontak 08116677111. Masyarakat bisa menyampaikan pengaduan terkait pelayanan, BBM, dan sebagainya.

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga