H+4 Lebaran, Objek Wisata Ikan Banyak di 50 Kota Dipadati Pengunjung

H4 Lebaran Objek Wisata Ikan Banyak di 50 Kota Dipadati Pengunjung objek wisata Ikan Banyak dipadati pengunjung dari berbagai daerah, Kamis (5/5/2022)(Foto: Covesia-Lisa)

Covesia.com - Memasuki empat hari lebaran Idul Fitri 1443H, objek wisata Ikan Banyak dipadati pengunjung dari berbagai daerah, Kamis (5/5/2022).

Sesuai bak namanya, objek wisata ini terletak di Desa Ikan Banyak, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, tepatnya di sungai, di bawah jembatan penghubung jalan utama Suliki-Kototinggi.

Pantauan covesia.com di lokasi, pemuda setempat menetapkan tarif masuk 2 ribu per orang baik dewasa maupun anak-anak di kedua pintu masuk. Sementara untuk biaya parkir 2 ribu motor dan 3 ribu mobil. 

Di objek wisata ini, para wisatawan dapat menyaksikan secara langsung ikan Gariang, cukup memberinya makan dengan kerupuk atau pelet ribuan ikan akan terlihat. Dan uniknya, Ikan Gariang di sini dipercayai masyarakat setempat membawa petaka apabila dikonsumsi.

Salah satu wisatawan, Fani mengatakan, objek wisata Ikan Banyak bagus, namun kurang terawat. "Objek wisatanya bagus, kita dapat menyaksikan ribuan ikan Gariang di alam terbuka secara langsung," ujar dia. 

Kendati begitu, kata Fani, kebersihan dan juga keindahan tempat sangat memprihatinkan. "Kebersihannya tidak terjaga, sampah bekas minuman maupun plastik bungkus kerupuk berserakan di pinggir sungai," ujar Fani. 

"Lima tahun silam saya juga ke sini, namun tempatnya seperti itu saja. Apalagi sekarang ikannya semakin sedikit," sambungnya.

Tambahnya, untuk tarif masuk 2 ribu per orang relatif murah, pada objek wisata lain tarif masuk itu paling rendah 5 ribu. "Jika tarif masuk dinaikan itu tidak masalah, dengan demikian dapat digunakan untuk biaya kebersihan tempat ini," ujar dia.

Terlihat hingga jam 15.45 WIB wisatawan masih berdatangan ke lokasi. Sementara itu, untuk hari-hari biasanya objek wisata ini tidak dipungut tarif masuk.

(lsm)

Berita Terkait

Baca Juga