Sejak Awal Lebaran, Objek Wisata Pasir Alai Pessel Selalu Dipadati Pengunjung

Sejak Awal Lebaran Objek Wisata Pasir Alai Pessel Selalu Dipadati Pengunjung Kawasan objek wisata penyanggah Pasir Alai, di Nagari Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan. (Indra Yen)

Covesia.com - Sejak awal libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, kawasan objek Wisata penyanggah Pasir Alai di Nagari Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) setiap harinya selalu dipadati pengunjung. 

Berdasarkan pantauan Covesia.com di lokasi, terlihat para pengunjung atau wisatawan mulai berdatangan dan memadati lokasi wisata Pasir Alai sejak pagi hingga sore harinya. 

"Sejak pagi tadi kawasan ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan mulai dari awal lebaran sampai sekarang," ungkap salah seorang pemuda setempat Ardi (30) kepada Covesia.com, Jumat (6/5/2022). 

Diperkirakan, ratusan kendaraan roda dua dan roda empat serta ribuan pengunjung sejak memadati kawasan ini. 

"Alhamdulillah, meskipun wisata penyanggah dan terbilang masih baru. Objek wisata Pasir Alai cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah," ucapnya. 

Dengan ramainya pengunjung yang silih berganti berdatangan ke lokasi ini, masyarakat setempat yang berjualan mendapatkan berkah yang cukup besar.

Rata-rata, setiap lapak atau kedai milik warga disekitar yang ada di lokasi, selalu dipenuhi oleh wisatawan yang berkunjung untuk beristirahat, makan minum sambil menikmati suasana pantai. 

"Ramainya kunjungan sejak awal lebaran ini cukup membawah berkah bagi masyarakat kami yang berjualan, dan kondisi saat ini sangat berdampak besar pada perubahan ekonomi masyarakat sekitar," kata Ardi. 

Seperti diketahui, kawasan objek wisata Pasir Alai merupakan kawasan objek wisata penyanggah yang masih baru. Di mana, kawasan ini baru dibuka dan dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat kampung Alai pertengahan tahun 2021. 

Meskipun wisata ini masih baru, tetapi beberapa bulan belakangan ini kawasan wisata ini sangat diminati dan terus ramai dikunjungi wisatawan dalam daerah, terutama pada libur lebaran tahun ini. 

Bagaimana tidak, kawasan objek wisata ini memiliki daya tarik yang tak kalah indah dengan kawasan objek wisata penyanggah lainnya yang ada di Pesisir Selatan. 

Jejeran batang cemara yang tertanam rapi dihiasi dengan ratusan ayunan di sepanjang pantai dan jejeran tepat duduk yang tersusun memberikan kenyamanan dan daya tarik tersendiri saat berwisata di kawasan Pasir Alai. 

"Tempatnya bersih, dingin, banyak tempat duduk-duduk untuk bersantai dan juga ada ayunan, dan disini juga banyak wahana bermain anak-anak," sebut salah seorang pengunjung, Ifan (28). 

Selain bikin nyaman, berwisata di Pasir Alai juga tidak membutuhkan biaya besar. Karena lokasinya tidak jauh dari akses jalan raya. 

Kemudian di Pasir Alai juga tidak ada pemungutan biaya masuk, wisatawan bebas memilih tempat yang menarik baginya di sepanjang kawasan Pasir Alai. 

"Tempatnya bagus tidak ada pungutan dan harga makanan serta wahanapun tidak mahal, masih harga standar. Jadi, kita sangat puas berwisata disini," katanya. 

Sementara itu, wisatawan lain dari luar daerah Murni (43) mengatakan, dirinya sangat puas berwisata di Pasir Alai, dan ia menilai kawasannya masih asri dan cukup bersih. 

"Tidak ketinggalanlah, tempatnya bagus dan tidak dipungut biaya masuk, cukup bayar parkir kendaraan saja. Dan di sini juga banyak wahana bermain untuk anak-anak. Pokoknya, sangat cocok berwisata bersama keluarga di sini," tutupnya. 

(idy)

Berita Terkait

Baca Juga