Dispar Sebut Selama Libur Lebaran Peredaran Uang Wisatawan di Padang Capai 2,1 Miliar

Dispar Sebut Selama Libur Lebaran Peredaran Uang Wisatawan di Padang Capai 21 Miliar Objek Wisata Pantai Padang (Foto: dok. Covesia)

Covesia.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Padang mecatat 1,3 juta wisatawan kunjungi objek wisata di Kota Padang selama libur lebaran Idul Fitri 1443H/2022.

Atas kunjungan tersebut, Dinas Pariwisata Kota Padang Eri Sendjaya megatakan jumlah uang yang beredar mencapai 2,1 Miliar.

"Dari Senin-Minggu (2-8/5/2022) ada1,3 juta pengunjung, uang yang beredar mencapai 2,1 miliar," terangnya.

Hal tersebut diperoleh berdasarkan hitungan pengunjung dari 6 klaster objek wisata, diantaranya wisata pantai dan pulau 38, wisata alam 31, wisata sejarah 75, wisata budaya 2, wisata religi 7, wisata kuliner 21 objek.

Dari jumlah objek wisata tersebut, Pantai Air Manis dan Gunung Padang merupakan objek wisata yang masuk pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

"2 itu masuk PAD, namun untuk Pantai Air Manis dikelola oleh PT Padang Sejahtera Mandiri (PSM), untuk PADnya dilaporkan setiap bulan," terangnya saat dihubungi covesia.com, Senin (9/5/2022).

Lanjutnya, di antara 1,3 juta pengunjung tersebut, Pantai Air Manis dengan ciri khasnya Batu Malin Kundang merupakan jumlah pengunjung dengan wisatawan terbanyak di Kota Padang.

"Terhitung 35 ribu wisatawan kunjungi Pantai Air Manis," sebutnya.

Jumlah kunjungan di Pantai Air Manis, meninggkat dratis dari tahun sebelummya. "Jumlah kunjungan meningkat 800 persen dibandingkan tahun sebelumnya," tuturnya.

(lsm)

Berita Terkait

Baca Juga