Kunjungan Wisatawan di Agam Capai 25 Ribu Orang per Hari Selama Libur Lebaran

Kunjungan Wisatawan di Agam Capai 25 Ribu Orang per Hari Selama Libur Lebaran
Covesia.com - Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Agam, Sumatera Barat meningkat pada libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah. 

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Agam mencatat sebanyak 108.966 wisatawan berkunjung ke agam semenjak tanggal 3 - 8 Mei 2022. dengan rata-rata kunjungan perharinya sebanyak 25.000 orang

Kepala Disparpora Agam, Syatria mengatakan, jumlah tersebut merupakan laporan sementara dari penggiat objek wisata serta sarana akomodasi penunjang lainnya. "Ini belum semuanya melapor masih ada yang masih berum memberikan data," ujarnya Jumat (13/5/2022).

Dari laporan tersebut juga diketahui, kunjungan wisatawan itu mulai meningkat semenjak Selasa hingga Sabtu dan kembali berkurang pada hari Jumat. "Hari ke dua lebaran sudah mulai ramai kunjungan smpai hari kamis, sementara itu dari hari jumat sampai minggu sudah mulai berkurang," katanya lagi 

Ia mengakui, pengunjung terbanyak itu merupakan wisatawan lokal, perantau serta masyarakat dari luar daerah, hal itu terpantau dari nomor polisi kendaraan yang banyaknya dari luar Sumbar.

Menurutnya tinggi jumlah pendatang ini meningkat jauh dari tahun-tahun sebelumnya, hal itu dipicu karena tidak diberlakukannya pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19.

Meski demikian pihaknya menghimbau pengunjung untuk tetap menggunakan masker serta menjaga jarak, hal itu sebagai bentuk upaya antisipasi penularan Covid-19 pasca libur lebaran.

"Pengunjung diwajibkan memakai masker, menjaga jarak dan lainnya selama di objek wisata, alhamdulillah dengan kesadaran masyarakat mau mengikuti," katanya.

(Jhn)

Berita Terkait

Baca Juga