Sepekan Libur Lebaran Sampah di Pasar Terminal Lubuk Basung Agam Masih Berserakan Dan Berbau Busuk

Sepekan Libur Lebaran Sampah di Pasar Terminal Lubuk Basung Agam Masih Berserakan Dan Berbau Busuk Foto: Johan Utoyo

Covesia.com - Masyarakat di Pasar Terminal Sri Antokan Lubuk Basung Kabupaten Agam, Sumatera Barat keluhkan tumpukan sampah yang belum dibersihkan petugas semenjak libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Salah seorang warga Kecamatan Lubuk Basung, Febrimal mengaku, sampah sudah menumpuk di  di Pasar terminal Antokan semenjak Rabu (4/5/2022) dan semakin menggunung di lokasi hingga satu minggu kemudian.

"Sudah satu minggu lebih bahkan sudah mengeluarkan belatung dan bau busuk. Ini bisa mengancam kesehatan maayarakat," ujarnya.

Selain sisa aktifitas pasar, tumpukan sampah juga terlihat di beberapa lokasi dan terkesan belum di bersihkan petugas. "Kita berharap ini bisa menjadi perhatian Pemerintah Daerah," harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Agam, Arief Restu mengaku, usai lebaran  produksi sampah meningkat di Agam bahkan tercatat peningkatan produksi sampah mencapai 12,8 persen dari hari biasanya.

"Selama lebaran aktifitas ekonomi meningkat, tidak hanya di pasar tradisional, produksi sampah rumah tangga juga tinggi," katanya kepada Covesia.com Jumat (13/5/2022).

Pihaknya tidak menampik adanya keterlambatan dalam proses pengangkutan sampah menuju TPU selama lebaran hal itu disebabkan adanya kerusakan dua unit armada pengangkut sampah serta kepadatan  lalu lintas.

"Untuk pengelolaan sampah, sarana dan prasarana kita belum memadai bahkan ada 2 armada yang tidak berfungsi secara normal serta akses lalulintas yang membuat pengangkutan sampah sering tertunda," terangnya.

Selain itu kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan juga memicu sampah berserakan di tempat umum, para pedagang malas untuk mengumpulkan sampah bahkan terkesan membebani kepada pengelola pasar dan petugas kebersihan.

"Petugas kebersihan hanya bekerja mengangkut sampah yang sudah dikumpulkan di tempat yang sudah disediakan, bukan yang berserakan. Kita menghimbau masyarakat untuk bisa sama-sama menjaga lingkungan," katanya lagi.

(Jhn)

Berita Terkait

Baca Juga