Satu Lagi Rumah Terbakar, Perbulannya Kebakaran Bisa Mencapai 20-30 Kali di Kota Padang

Satu Lagi Rumah Terbakar Perbulannya Kebakaran Bisa Mencapai 2030 Kali di Kota Padang Peristiwa kebakaran menimpa sebuah rumah warga bernama Buyuang Pitok (42), di Jalan Kasiak Lolo, Kelurahan Gunuang Sariak, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (16/5/2022), dini hari (Foto: Damkar Padang)

Covesia.com - Peristiwa kebakaran menimpa sebuah rumah warga bernama Buyuang Pitok (42), di Jalan Kasiak Lolo, Kelurahan Gunuang Sariak, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (16/5/2022), dini hari. 

Kepala Bidang Operasional Sarana dan Prasana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan, kebakaran diketahui saat saksi bernama Mira (33) melihat api dari dalam rumah.

"Kami langsung menuju lokasi setelah menerima laporan dari saksi sekitar pukul 01.48 WIB dini hari," ujar Sutan setelah dihubungi tim Covesia.com, Senin (16/5/2022).

Dikatakan Sutan, sebanyak enam unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan si jago merah.

"Selang 45 menit api berhasil dipadamkan petugas damkar," ucap Sutan.

Lanjut Sutan, sebanyak 2 petak bangunan mengalami kerusakan berat akibat kejadian tersebut. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Sementara itu, Sutan menjelaskan rerata peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Padang bisa sebanyak 20-30 kali perbulannya. Hal ini terjadi dalam berbagai aspek.

"Peristiwa kebakaran yang sering terjadi yaitu kebakaran lahan, pertokoan, dan rumah," tutur Sutan.

Dikatakan Sutan, warga yang terdampak kebakaran sering tidak mengetahui penyebab kebakaran yang terjadi di rumah mereka.

"Kebanyakan warga yang rumahnya terbakar tidak mengetahui penyebab kebakaran, tau-tau sudah ada api di dalam rumah," jelasnya.

Menurut Sutan, penyebab umum seringnya terjadi kebakaran di Kota Padang akibat kelalaian masyarakat, seperti tidak mematikan listrik, atau tidak melepas regulator gas sehingga terjadi kebocoran gas.

"Kita meminta agar warga lebih berhati-hati lagi agar terhindar dari peristiwa kebakaran tersebut," tutup Sutan.

(pyd)

Berita Terkait

Baca Juga