118 Hewan Terkena Penyakit Mulut dan Kuku Bertambah di Sumbar dalam Sehari

118 Hewan Terkena Penyakit Mulut dan Kuku Bertambah di Sumbar dalam Sehari Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, melakukan pemeriksaan sapi yang terjangkit PMK di Sijunjung. (Foto dok. Dinaskeswan Sumbar)

Covesia.com - Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan setiap hari semakin bertambah di Sumatera Barat (Sumbar). Saat ini penambahan terjadi 118 ekor yang sebelumnya 237 ekor.

"Hingga sekarang, totalnya hewan yang terjangkit PMK kini telah mencapai 355 ekor," ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan Sumbar, Erinaldi, pada Jumat (20/5/2022). 

Hewan yang terjangkit PMK terbagi dalam kasus positif serta pengujian sampel serta. Kasus terbanyak terjadi di Kabupaten Datah Datar.

Sebanyak 355 ekor yang terkonfirmasi positif dari hasil uji laboratorium sebanyak 323 ekor. Berikut rinciannya,

Kabupaten Sijunjung 43, Kabupeten Padang Pariaman 58, Kabupaten Tanah Datar 109, Kota Payakumbuh 8, Kota Padang 32, Kabupaten Solok 38, Kota Pariaman 25 serta Kabupaten Solok Selatan 9.

Sementara itu, untuk pengujian sampel ada sebanyak 33 ekor. Kabupaten Pasaman Barat 8 ekor, Kabupatem Agam 25 ekor.

Berdasarkan data tersebut, hingga kini belum ditemukan hewan yang mati, potong paksa, serta sembuh akibat PMK di Sumbar.

(lsm)

Berita Terkait

Baca Juga