Masa Jabatan Bupati Mentawai Berakhir Besok, Mahyeldi Bakal Lantik Pj Bupati

Masa Jabatan Bupati Mentawai Berakhir Besok Mahyeldi Bakal Lantik Pj Bupati Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi

Covesia.com - Masa jabatan Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet dan Wakil Bupati Kortanius Sabeleake akan berakhir besok, Minggu (22/5/2022). Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi bakal melantik Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai di hari yang sama.

Pelantikan tersebut juga berdasarkan arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pj Bupati akan menjabat selama setahun. Hal itu disampaikan oleh Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo.   

"Iya benar besok Gubernur melakukan pelantikan, itu juga tepat dengan berakhirnya masa jabatan bupati, selain itu arahannya kita diminta melantik serentak se Indonesia di hari minggu itu," ungkap Doni, Sabtu (21/5/2022).

Meski sudah ditetapkan jadwal pelantikan kata Doni sampai saat ini belum diketahui nama yang ditetapkan oleh Kemendagri menjadi Pj Bupati Mentawai. Saat ini pihaknya masih di Kemendagri untuk mengambil Surat Keputusan (SK) Pj Bupati.

Menurutnya, jabatan Pj bupati Mentawai belum tentu sampai Pilkada serentak yang bakal digelar pada bulan November 2024. 

"SK Pj ini hanya satu tahun dalam aturan undang-undang, kemudian bisa diperpanjang dengan orang yang sama atau orang yang berbeda, sampai 2024," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumbar telah mengirimkan ke Kemendagri tiga nama pejabat Pj bupati yang akan memimpin Kabupaten Kepulauan Mentawai. Nama yang dikirimkan kemudian ditetapkan oleh Kemendagri ditandai dengan SK yang selanjutnya diberikan kepada gubernur untuk dilantik.

Berita Terkait

Baca Juga