Gugatan Praperadilan Ditolak, Polresta Padang Akan Panggil Kembali dan Pertimbangkan Penahanan Ilham Maulana

Gugatan Praperadilan Ditolak Polresta Padang Akan Panggil Kembali dan Pertimbangkan Penahanan Ilham Maulana Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Dedy Adriansyah Putra (Foto: dok. Covesia)

Covesia.com - Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Padang menolak gugatan praperadilan status tersangka yang diajukan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Ilham Maulana, Senin (20/6/2022).

Berkaitan dengan ditolaknya gugatan praperadilan status tersangka yang diajukan oleh Ilham Maulana, Pihak Polresta Padang akan memanggil kembali Ilham Maulana dalam waktu dekat untuk proses penyidikan dan juga akan mempertimbangkan penahanan terhadap yang bersangkutan. 

Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Dedy Adriansyah Putra menyebut putusan hakim dapat menjadi dasar untuk melanjutkan proses hukum terhadap Ilham Maulana.  

“Tindak lanjutnya kita bisa lebih fokus untuk menghadapi proses lidik. Saat ini kita mau mempertimbangkan untuk menahan tersangka,” ujarnya, Senin. 

Dia juga mengatakan akan kembali memanggil Ilham Maulana, dan apabila yang bersangkutan tidak kooperatif maka bisa saja diambil tindakan penjemputan paksa.

Lalu terkait gugatan yang diajukan dan ditolak oleh pengadilan tersebut, katanya sebenarnya pihaknya tidak khawatir akan gugatan yang diajukan oleh Ilham Maulana. Menurutnya, pihak penyidik sudah melakukan prosedur yang sesuai dalam penetapan tersangka.

“Penyidik merasa semua prosedur penyidikan dan penetapan tersangka sesuai dengan aturan yang ada. Jadi proses kemarin sebenarnya tidak terlalu khawatir,” imbuhnya.

Atas ditolaknya gugatan praperadilan Ilham Maulana, Kompol Dedy berharap agar yang bersangkutan dapat bersikap kooperatif dalam menjalankan tuntutan hukum.

Sebelumnya Kuasa Hukum Ilham Maulana, Imra Leri Wahyuli, menyebut gugatan ditolak oleh hakim setelah menjalani sidang selama tujuh kali. 

“Berdasarkan keputusan sidang hari ini, gugatan praperadilan klien kami ditolak," ungkapnya.

Selanjutnya, dikatakan Imra, pihaknya akan berdiskusi terlebih dahulu terkait upaya hukum yang akan ditempuh.

(adi) 

Berita Terkait

Baca Juga