Satwa Harimau Dilaporkan Berkeliaran Dekat Permukiman Warga di Kabupaten Solok

Satwa Harimau Dilaporkan Berkeliaran Dekat Permukiman Warga di Kabupaten Solok Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Covesia.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) turun tangan terkait laporan kemunculan Harimau Sumatera (Phantera Tigris Sumatrae) di Jorong Lubuk Salasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Kabar tersebut diperoleh dari laporan Wali Nagari Batang Barus pada Senin (20/6/2022).

Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono mengatakan, telah menurunkan tim ke Jorong Lubuk Salasiah, untuk mengecek kebenaran kabar tersebut.

Di lokasi tersebut, tim BKSDA menyebut Harimau tampak berkeliaran oleh warga bernama Muhammad Rais pada Minggu (19/6/2022) sekitar pukul 22.00 WIB.

Tidak hanya berkeliaran, pada Sabtu (18/6/2022), harimau tersebut juga memakan anjing milik warga di lokasi kejadian.

Saat verifikasi ke lokasi, tim BKSDA juga menemukan jejak satwa Harimau Sumatera di luar kawasan hutan/konservasi.

"Tim kami sudah melakukan verifikasi, dan memang ditemukan jejak Harimau di lokasi kejadian," ungkapnya, Selasa (21/6/2022).

Untuk berapa ekor jumlah Harimau yang berkeliaran tersebut, Ardi mengatakan masih didalami dan saat ini sudah masuk dalam proses identifikasi.

Ardi menghimbau masyarakat di sekitar lokasi agar tidak keluar rumah sendirian pada malam hari jika tidak ada keperluan mendesak.

"Kami himbau masyarakat yang memiliki hewan ternak berupa kambing agar untuk sementara membawa ke pemukiman atau dikandangkan," imbaunya.

BKSDA juga meminta bantuan kepala daerah dan masyarakat setempat untuk melakukan pengusiran atau penghalauan secara mandiri dengan melakukan bunyi-bunyian menggunakan meriam karbit.

(adi) 

Berita Terkait

Baca Juga