Satu Bunga Rafflesia Arnoldii Ditemukan Mekar di Palupuh Agam

Satu Bunga Rafflesia Arnoldii Ditemukan Mekar di Palupuh Agam Foto: Istimewa

Covesia.com - Satu individu bunga Rafflesia Arnoldii berukuran cukup besar kembali mekar di Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Pemerhati Bunga Langka, Heru Nofriandi mengatakan, bunga langka dan dilindungi tersebut ia temukan di kawasan Bukit Nak Dingin tidak jauh dari pemukiman warga.

"Bunga ini sudah saya temukan bulan lalu namun masih dalam berbentuk bongkol dan saat sudah mekar sempurna hari kedua," ujarnya Rabu (22/6/2022).

Dikatakan Heru, dari pemantauan sementara bunga bewarna merah menyala ini memilki diameter sekitar 90 Cm dan tumbuh subur.

Diakuinya kawasan hutan nan dingin Nagari koto Rantang memang merupakan habitat bunga Rafflesia jenis Arnoldii sebelumnya tumbuhan jenis yang sama juga pernah ditemukan mekar di kawasan setempat.

"Dalam beberapa hari ke depan, bunga ini diperkirakan masih akan tetap mekar sebelum akhirnya layu dan mati," katanya lagi.

Selain individu yang sudah mekar disekitar bunga tersebit juga ditemukan dejgan jenis yang sama dan diperkirakan akan mekar beberapa minggu kedepan.

"Terkait penemuan bunga langka tersebut pihaknya sudah melaporkan Ke Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Bukittinggi guna penanganan lebih lanjut.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga