Polisi Tangkap Pelaku Penipuan dan Penggelapan Belasan Toko di Padang

Polisi Tangkap Pelaku Penipuan dan Penggelapan Belasan Toko di Padang Foto: Polresta Padang

Covesia.com - Jajaran Opsnal Satuan Reskrim (Satreskrim) Polisi Resor Kota (Polresta) Padang mengamankan seorang pria berinisial AM (43) di pinggir jalan, Kawasan Jalan Khatib Sulaiman Kec. Padang Utara, Rabu (22/6/2022) Malam.

Pengangguran yang berinisial AM ini diamankan karena diduga telah melakukan tindak pidana penggelapan yang terjadi pada hari senin tanggal 16 Juni 2022 sekira pukul 12.30 Wib di Kopas Plaza Pasar Raya, kel Kampung Jao Kec Padang Barat, Kota Padang.

Kasatreskrim Polresta Padang, Kompol Dedy Adriansyah Putra mengatakan Pada hari Senin tanggal 13 Juni 2022 sekira pukul 12.30 wib di kopas plaza pasar raya Kota Padang, pelaku AM berpura-pura hendak membeli 1 unit televisi 24 inch dan 1 buah kipas angin kepada korban, dan setelah itu pelaku AM minta agar diantarkan ke rumahnya di daerah Padang Pasir dan pembayaran akan dilakukan setelah barang sampai dirumah.

"Setelah itu korban menyetujuinya dan menyuruh agar karyawan tokonya mengantar barang ke rumah pelaku AM di daerah Padang Pasir," ujarnya kepada Covesia.com, Kamis (23/6/2022).

Setelah sampai di daerah Padang Pasir kemudian pelaku meminta agar karyawan toko korban berhenti di pinggir jalan karena rumah pelaku berada digang sempit dan pelaku mengambil 1 unit televisi merk Sharp 24 inch dari karyawan toko korban dan menyuruhnya menunggu di pinggir jalan daerah Padang Pasir tersebut.

"Setelah itu pelaku masuk ke dalam gang tersebut dan tidak lagi kembali," terang Dedy. 

Setelah itu korban langsung melaporkan kejadian ini ke Polresta Padang. Lalu Berdasarkan informasi masyarakat didapatkan informasi bahwa pelaku sedang berada di lokasi TKP penangkapan tersebut.

"Kemudian anggota opsnal mendatangi ke lokasi yang dimaksud dan melakukan patroli seputaran daerah Khatib Sulaiman dan benar adanya pelaku ditemukan sedang berada di sana," ungkapnya.

Pelaku langsung diamankan oleh anggota opsnal yang mendapati pelaku, dan setelah diinterogasi pelaku mengakui perbuatan pelaku yang telah menggelapkan 1 unit televisi merk Sharp 24 inch warna hitam di Kopas Plaza

"Pelaku AM juga mengakui telah menjual televisi tersebut kepada seorang laki laki bernama Hendri di ndaerah Ganting dan anggota opsnal pun beserta pelaku menyusul Hendri ke rumahnya di daerah Ganting dan ketika ditemui Hendri mengakui telah membeli barang tersebut dari pelaku," terangnya.

Kemudian pelaku beserta barang bukti dibawa ke Polresta Padang untuk diproses lebih lanjut. 

Setelah diinterogasi lebih lanjut ternyata pelaku telah seringkali melakukan kegiatan penggelapan tersebut, ini juga berdasarkan bukti laporan dari masyarakat dimana ada 15 TKP tempat pelaku melakukan kegiatan penggelapan.

Tempat- tempat tersebut diantaranya, yang pertama pelaku AM pada hari Kamis tanggal 2 Desember 2021, bertempat di toko Arka Jalan M Yunus No 135 Anduring kota Padang, dengan barang bukti (BB) 9 karung beras dengan 1 karung beras beratnya 10 kg, 

Kedua, AM melakukan lagi, pada Selasa tanggal 30 Maret 2021 sekira pukul 10.30 Wib, di toko Prima Jaya Elektronik jalan kolam Indah Raya No 12 Mata Air Kec Padang Selatan kota Padang, dengan BB 2 buah magicom dan 2 buah blender.

Selanjutnya ketiga pada Rabu tanggal 9 Maret  2022, tempat dekat kantor Inspektorat Prov Sumbar Jalan Nipah Kel Kampung Pondok Kec Padang Barat kota Padang, dengan BB, 8 karung beras, 1 karung beras seberat 10 kg.

Lalu keempat sekira bulan Februari 2022, tempat Pasar Raya, dengan BB 2 karung bawang dengan berat 1 karung bawang 40 kg.

Kelima waktu bulan Januari 2022, tempat Pasar Raya, dengan  BB 3 kotak 60 kg kawat las

Lalu keenam sekitar Maret 2022, tempat Bandar Buat, dengan BB  3 spray Kalifornia dan 1 bed cover Kalifornia.

Setelahnya ketujuh pada Februari 2022, tempat Pasar Raya, dengan BB 1 karton cabai 28 kg.

Selanjutnya kedelapan pada April 2022, tempat Simpang Kalumpang, dengan BB 1 unit accu 70 ampere.

Sembilan sekira pada tahun 2022, tempat Pasar Raya Blok A, dengan BB 30 piece celana wanita

Selanjutnya Sepuluh pada Mei 2022, tempat by pass, dengan BB 2 unit accu 70 ampere.

Sebelas, pada November 2021, tempat belakang lintas, dengan BB 1 bal tali kapal.

Dua belas waktu tahun 2019, tempat Pasar Raya Blok A, dengan BB 60 buah lampu.

Tiga belas pada Februari 2022, tempat lubuk lintah, dengan BB 3 kotak kawat las berat 90 kg.

Keempat belas pada Juni 2022, tempat pariaman, dengan  BB 2 bal plastik.

Dan terakhir pelaku AM melakukan penggelapan di Seberang Padang, dengan BB 2 karung beras dimana satu karung beras beratnya 30 kg.

Saat ini AM masih berada di Mapolresta Padang untuk diminta keterangan lebih lanjut dan mempertanggung jawabkan perbuatannya.

(adi) 

Berita Terkait

Baca Juga