Longsor Tutupi Jalan Lintas Padang - Solok di Sitinjau Lauik, Akses Jalan Sudah Dapat Dilalui Kembali

Longsor Tutupi Jalan Lintas Padang  Solok di Sitinjau Lauik Akses Jalan Sudah Dapat Dilalui Kembali Pihak BPBD Padang saat melakukan pembersihan jalan yang ditutupi material longsor di jalur Padang-Solok, di kawasan Sitinjau Lauik, Kamis (23/6/2022)(Foto: dok. Humas)

Covesia.com - Longsor terjadi di kawasan Sitinjau Lauik, tepatnya di Perbatasan Padang-Solok, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (23/6/2022). 

Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang, Hendri Satriawan menyebut longsor sempat menghambat akses jalan kendaraan baik dari arah Padang maupun Solok.

"Tadi terjadi kemacetan sekitar 4 kilometer mulai dari pukul 11 siang tadi akibat material longsor yang menutupi jalan di daerah itu," ujarnya, Kamis.

Dijelaskan Hendri, ketinggian material longsor sekitar 15 meter yang menimpa kawasan tersebut dengan luas material yakni panjang 40 meter dan lebar 20 meter.

"Penyebabnya karena dinding tebing sudah rapuh sehingga materialnya banyak yang jatuh," jelasnya.

Sesampai di lokasi, Tim BPBD Kota Padang langsung membersihkan material longsor dengan alat berat. Kurang lebih 4 jam, material longsor berhasil dibersihkan. 

"Ada satu alat berat yang kami gunakan untuk mengangkat material," sebutnya.

Dikatakan Hendri, pihaknya juga bekerjasama dengan pihak Kepolisian untuk proses evakuasi.

Saat ini, material longsor sudah selesai dibersihkan, dan keadaan jalan sudah bisa dilewati kembali. 

"Materialnya sudah kami bersihkan dan sudah bisa dilewati," tutupnya.

(adi) 

Berita Terkait

Baca Juga