Tanah Terban, Rumah Potong Ayam di Padang Ambruk

Tanah Terban Rumah Potong Ayam di Padang Ambruk Tampak bangunan rumah potong ayam yang ambruk akibat sisi tanah yang terban, Jumat (24/6/2022)(Foto: dok. humas BPBD)

Covesia.com - Hujan deras yang melanda Kota Padang hari ini, Jumat (24/6/2022) menyebabkan terjadinya tanah terban di RT 01 RW 05 Kel. Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan. Longsor ini menimpa sebuah tempat pemotongan ayam.

Hendri Satriawan selaku Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang mengatakan Hujan lebat yang terjadi di Lubuk Kilangan menyebabkan terjadinya pengerusan pada tebing sungai.

"Sehingga menyebabkan tempat pemotongan ayam mengalami rusak berat dan ikut ambruk, serta Pohon yang berada di belakangnya membuat terhambatnya aliran air sungai, ujarnya, Jumat.

Dia juga mengatakan selain tempat pemotongan ayam dan pohon juga terdampak kabel listrik yang terganggu.

"Kami juga mengimbau warga kota Padang untuk hati-hati dalam menyikapi kejadian tanah terban ini dan bencana lainnya," ujarnya.

Dia juga meminta unsur masyarakat yang ada di daerah bencana untuk berkoordinasi dengan lembaga atau unsur lainnya.

Dia juga menjelaskan dalam bencana tanah terban saat ini tidak menimbulkan korban jiwa namun kerugian ditaksir mencapai Rp35 juta.

Sementara itu Sri Utari, Lurah Bandar Buat mengatakan tanah terban melanda bagian samping tempat pemotongan ayam arah ke sungai.

"Alhamdulillah bencana ini tidak menimbulkan korban jiwa," tuturnya.

Disisi lain Rosmanidar (53) penyewa tempat rumah potong ayam tersebut mengatakan tidak mengetahui persis bagaimana peristiwa ini terjadi karena saat itu dia tidak ada di tempat.

Saat ini Tim TRC BPBD Kota Padang  masih standby di lokasi untuk melakukan pemantauan perkembangan.

Selain BPBD Kota Padang turut ikut serta dalam penangan bencana ini, TRC Semen Padan, Lurah Bandar Buat, LPM Bandar Buat dan KSB.

(adi) 

Berita Terkait

Baca Juga