Waspada Kejahatan Social Engineering, Berikut Tips dari Bank Nagari untuk Nasabah

Waspada Kejahatan Social Engineering Berikut Tips dari Bank Nagari untuk Nasabah Ilustrasi

Covesia.com - Kejahatan dengan mencuri data pribadi semakin banyak terjadi. Saat ini, ada modus bernama social engineering.

Sebelum membahas mengenai social engineering, kebocoran data pribadi Anda bisa saja terjadi karena dengan sengaja menginformasikan data pribadi kepada pihak lain dengan alasan apapun.

Hal ini juga bisa terjadi ketika ada pihak yang tidak bertanggungjawab berupaya mencuri informasi data pribadi seseorang melalui upaya tertentu, salah satunya dengan modus social engineering.

Berdasarkan data dari Bank Nagari, sosial enginering adalah memanipulasi psikologis korban dengan memanfaatkan berbagai media untuk mendapatkan data pribadi seperti PIN, Password atau akses yang diiginkan, Sabtu, (25/6/2022).

Untuk itu, mari kita ketahui modusnya dan kenali tips untuk menghindarinya, diantaranya:

1. Abaikan Telfon atau Chat dari Oranag Tidak Dikenal dengan Mengatasnamakan Bank Nagari

Perlu diketahui, pihak caal center Bank Nagari tidak pernah menghubunggi nasabahnga melalui telfon atau chat apalagi menanyakan informasi pribadi seperti PIN atau kode OTP.

2. Hati-Hati Website dan Media Sosial Palsu

Perlu diketahui, website resmi Bank Nagari hanya www.banknagari.go.id dan media sosial resmi (fb dan ig) adalah banknagari.go.id. Jangan percaya informasi selain dari website dan media sosial resmi Bank Nagari tersebut.

3. Jangan Mengisi Formulir yang Meminta Data Pribadi

Perlu diketahui, Anda harus waspada terhadap link berisi formulir yang dikirimkan oleh seseorang, serta jangan mengisi formulir yang meminta data rahasia seperti nomor PIN, kode OTT, Password MobileBangking serta data pribadi lainnya.

(lsm)

Berita Terkait

Baca Juga