Bersama TNI AL, Bank Indonesia Lepas Kas Keliling ke Wilayah 3T di Kepulauan Mentawai

Bersama TNI AL Bank Indonesia Lepas Kas Keliling ke Wilayah 3T di Kepulauan Mentawai Pelepasan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022, di dermaga IV Teluk Bayur, Senin (27/6/2022)

Covesia.com - Bekerjasama dengan TNI AL, Bank Indonesia Perwakilan Wilayah Sumatera Barat (BI Sumbar) melakukan kegiatan Kas Keliling di Wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Terpencil) di wilayah Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Bertemakan "Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022," BI Sumbar akan melakukan Kas Keliling ke 5 wilayah di pulau terluar di Kepulauan Mentawai, yaitu Pulau Pagai Selatan, Pulau Pagai Utara, Pulau Sipora, Pulau Siberut dan Pulau Siberut Selatan, dengan membawa uang sebanyak Rp5,9 miliar yang menggunakan Kapal Perang KRI Cakalang - 852. 

"Ekspedisi ini akan dilakukan antara tanggal 27 Juni sampai 2 Juli 2022 dan akan mengunjungi 5 (lima) pulau terluar di Kepulauan Mentawai," ungkap Kepala BI Sumbar, Wahyu Purnama A, Senin (27/6/2022). 

Wahyu menyampaikan, pelaksanaan Kas Kapal di Sumatera Barat telah dilakukan sebanyak 5 kali. Kegiatan kas keliling 3T kali ini merupakan kegiatan yang ke 10  pada tahun 2022 (secara nasional) dan ke 6 bagi KPw BI Sumbar.

"Dapat kami informasikan bahwa kerjasama antara Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut telah terjalin sejak tahun 2012. Hingga tahun 2021, telah dilakukan 76 (tujuh puluh enam) kali kegiatan Kas Keliling 3T dengan 399 (tiga ratus sembilan puluh sembilan) pulau 3T terkunjungi," jelasnya.

Kemudian kata Wahyu, sinergi antara Bank Indonesia dengan TNI AL secara substansi mempertemukan dua kepentingan yang sama, dimana TNI AL berkepentingan menjaga kedaulatan seluruh wilayah NKRI dengan pertahanan dan BI berkepentingan menjaga kedaulatan NKRI dengan Rupiah.

Lebih lanjut kata Wahyu, pada Kas Kapal kali ini selain mendistribusikan uang, Bank Indonesia juga akan memberikan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), antara lain kepada pesantren dan tempat ibadah serta bantuan berupa sembako antara lain beras, minyak goreng, gula , telur, mie instan serta dengan kepada masyarakat di daerah yang di kunjungi. 

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada TNI AL, juga Pemerintah Daerah dan pihak-pihak terkait lainnya yang senantiasa mendukung Bank Indonesia dalam pelaksanaan pendistribusian uang yang berkualitas khususnya ke seluruh wilayah 3T di NKRI dalam rangka menegakkan dan menjaga kedaulatan bangsa dan negara tercinta," pungkasnya.

Dalam melepas Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 ini, turut dihadiri Gubernur Sumbar, Danlantamal Padang, Kapolda Sumbar, serta unsur Forkopimda lainnya.

(don)


Berita Terkait

Baca Juga