Melawan Saat Diamankan, Tiga Orang Pelaku Pembobol Rumah di Padang Dihadiahi Timah Panas

Melawan Saat Diamankan Tiga Orang Pelaku Pembobol Rumah di Padang Dihadiahi Timah Panas Ketiga tersangka saat diamankan Tim Klewang, Polresta Padang, Senin (27/6/2022)(Foto: dok. Humas)

Covesia.com - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polisi Resort Kota (Polresta) Padang mengamankan tiga orang tersangka yang masing-masing berinisial SK (33), M (23) dan MK (25). Mereka diamankan pada hari Senin tanggal 27 Juni 2022 sekira Pukul 15.00 WIB di Jl. Mustang Kel. Dadok Tunggul Hitam Kec. Koto Tangah kota Padang. 

Ketiga orang ini diamankan diduga telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang terjadi pada hari Senin tanggal 20 Juni 2022 sekira pukul 03.30 WIB atau diketahui sekira pukul 06.30 WIB di dalam sebuah rumah yang beralamat di Perumahan Abi Blok H no.8 Jl. Gurun Laweh Kel. Koto Panjang Ikur Koto Kec. Koto Tangah kota Padang

Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Dedy Ardiansyah Putra mengatakan, kejadian bermula ketika korban baru bangun sekitar jam 06.30 WIB mendapati jendela kamarnya telah terbuka dan ada bekas congkelan.

"Lalu korban melihat dua buah handphone, dua buah jam tangan, satu buah celana jens warna dongker yang berisikan uang tunai Rp2.000.000 sudah tidak ada lagi di dalam kamar," ujarnya Selasa (28/6/2022).

Lalu dia melanjutkan setelah korban memeriksa rumahnya kembali, korban juga mendapati jendela bagian tengah juga ada bekas congkelan.

"Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp9.000.000, dan melaporkan ke Polsek Koto Tangah kota Padang," ungkapnya.


Dia lalu mengatakan berdasarkan laporan pengaduan tentang kejadian tersebut, selanjutnya tim opsnal melakukan penyelidikan terhadap keberadaan handphone korban.

"Lalu handphone korban berhasil ditemukan di jalan Mustang Kel. Dadok Tunggul Hitam Kec. Koto Tangah kota Padang, selanjutnya tim Opsnal mengepung rumah tersebut dan melakukan penangkapan terhadap ke tiga tersangka yang saat itu sedang berada di rumah," tegasnya.

Lalu lanjutnya, sewaktu dilakukan introgasi tersangka mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian di Perumahan Abi Blok H no.8 Jl. Gurun Laweh Kel. Koto Panjang Ikua Koto Kec. Koto Tangah kota Padang tersebut.

Lalu dia mengatakan sewaktu ketiga tersangka dibawa untuk pengembangan perkara pencuriannya yang lain, mereka melawan dan berusaha untuk melarikan diri sehingga diberikan tindakan tegas terukur. 

"Setelah ketiganya mendapatkan perawatan di RS Bhayangkara, terhadap mereka selanjutnya dibawa ke Polresta Padang untuk dimintai keterangan lebih lanjut guna proses penyidikan," ungkapnya.

Dari kejadian ini Polresta Padang mengamankan barang bukti yaitu satu unit handphone merk samsung J 5, satu unit handphone merk realmi C2, satu unit handphone merk Oppo F1, satu unit handphone merk Vivo V 19, satu buah jam tangan merk Casio warna hitam, satu unit sepeda motor merk Suzuki Smash warna hitam dan empat buah obeng pipih.

Saat ini pelaku dan barang bukti masih berada di Polresta Padang untuk tahap penyelidikan lebih lanjut. Semua tersangka dituntut dengan pasal 363 ayat (2) KUH Pidana.

(adi) 


Berita Terkait

Baca Juga