Unand Kembali Luluskan 851 Wisudawan dan Wisudawati

Unand Kembali Luluskan 851 Wisudawan dan Wisudawati Wisuda III Universitas Andalas 2022, Sabtu (16/7/2022)

Covesia.com - Universitas Andalas (Unand) kembali menyelenggarakan upacara Wisuda III tahun 2022 dengan mewisuda sebanyak 851 wisudawan dan wisudawati pada jenjang pendidikan Program Diploma, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor, Sabtu (16/7/2022).

Rektor Unand, Prof. Dr. Yuliandri, S.H, M.H dalam sambutannya menyampaikan di masa pandemi Covid-19, pihaknya merasa bersyukur kembali bisa menggelar wisuda secara luring dan tidak daring lagi.

"Saya yakin, betapa pun canggihnya teknologi yang bisa kita gunakan untuk pelaksanaan wisuda secara daring, namun tetap tidak mampu menggantikan pelaksanaan wisuda secara offline seperti yang telah kita laksanakan sebelum masa pandemi Covid-19," ungkapnya.

Ia katakan wisuda secara offline membuka ruang jalinan silaturrahmi dan menumpahkan kebahagiaan masing-masing keluarga atas keberhasilan yang diperoleh dalam menyelesaikan studi di perguruan tinggi. 

"Bahkan dalam tradisi perguruan tinggi kita di Indonesia, wisuda secara offline memberi makna tersendiri bagi mahasiswa untuk memasuki dunia baru setelah menjadi mahasiswa," bebernya.

Profesor yuliandri jelaskan pada wisuda III 2022 kali ini, pihaknya dengan dengan bangga melepas sebanyak 851 orang wisudawan dan wisudawati lulusan Program Diploma, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor. 

"Jumlah tersebut terdiri dari Program Diploma Tiga sebanyak 116 orang, Sarjana 522 orang, Profesi 155 orang, Magister 38 orang, Spesialis 5 orang dan Doktor sebanyak 15 orang," jelasnya. 

Pada kesempatan tersebut Profesor Yuliandri dan seluruh pimpinan Unand menyampaikan, pertama, selamat kepada seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan sesuai waktu penyelesaian studi yang disediakan. Selamat atas gelar akademik beserta hak yang melekat pada gelar dimaksud. 

"Semoga saudara semua dapat menggunakan ilmu dan gelar itu untuk kebaikan dan kemaslahatan orang banyak. Kedua, sebagai seorang sarjana, saudara ikut memikul tanggung jawab keilmuan untuk memajukan tingkat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia tercinta. Di tengah berbagai perubahan yang ada, tantangan kehidupan masyarakat di masa depan yang semakin berat," ujarnya.

"Oleh karena itu, bangunlah kepedulian dalam diri saudara, peka-lah terhadap kehidupan masyarakat, serta dedikasikan ilmu untuk membantu masyarakat, terutama masyarakat lemah," sambung Yuliandri.

Lebih lanjut Profesor Yuliandri mengatakan, pada Wisuda III kali ini Unand agak berbeda, karena dalam helatan wisuda ini juga menghadirkan 

secara khusus, praktisi dari luar Kampus, yakni Bapak Dr Dany Amrul Ichdan, SE, MM., yang saat ini menjabat sebagai Direktur Hubungan Kelembagaan dari MIND ID. 

"MIND ID adalah BUMN yang banyak mengembangkan berbagai peluang dan kesempatan dalam mengelola Sumberdaya alam, yang tentu akan bisa juga menjadi ajang berkompetisi dan berkarir bagi lulusan Unand,

Insya Allah, Kami yakin dengan telah adanya kerjasama antara Unand dengan MIND ID, maka berbagai kegiatan riset dan pengembangan hilirisasi hasil riset serta produk-produk unggulan yang telah dihasilkan oleh para inventor Unand, dapat didukung sepenuhnya oleh MIND ID sebagai suatu inovasi bersama," ungkap Yuliandri.

Ia juga menyampaikan bahwa selama menempuh pendidikan di Unand, para wisudawan ini telah terlatih menjadi profesional muda yang memiliki keselarasan budaya dengan nilai-nilai dan perilaku utama amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

"Unand menyiapkan para wisudawan menjadi calon pemimpin masa depan yang tanggap terhadap tantangan baru dan memiliki motivasi tinggi untuk mengatasi tantangan dalam lingkungan yang dinamis dan progresif," kata dia.

Kemudian katanya lulusan Unand dikenal sebagai individu yang memiliki daya juang tinggi dan tidak kenal lelah untuk menjadi yang terbaik. 

"Mereka adalah individu yang memiliki semangat untuk memimpin dan membuat perubahan yang berdampak nyata dan bertindak dengan penuh tanggung jawab," pungkasnya.

(don)

Berita Terkait

Baca Juga