Berikut Prakiraan Cuaca untuk Tiga Hari ke Depan di Sumbar

Berikut Prakiraan Cuaca untuk Tiga Hari ke Depan di Sumbar Info Grafis prakiraan cuaca sebagian daerah di Sumbar hari ini, Senin (1/8/2022)(Foto: dok. BMKG)

Covesia.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Senin hingga Rabu (1-3/8/2022).

Prakirawan BMKG Minangkabau, pada Senin (1/8/2022) merilis prakiraan cuaca pada pagi hari cuaca diprediksi cerah berawan-berawan di hampir seluruh wilayah Sumbar dengan potensi hujan ringan - sedang di beberapa wilayah seperti Kabupaten Agam, Pariaman, Padang Pariaman, Padang Panjang, Tanah Datar, dan Kota Padang. 

Untuk siang hingga sore hari cuaca diperkirakan cerah berawan - berawan dengan potensi hujan ringan - sedang di wilayah Kabupaten Agam, Pariaman, Payakumbuh, Padang Panjang, Pesisir Selatan, Sawahlunto, Kab. Solok, Solok Selatan, lalu potensi hujan sedang-lebat di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Pasaman, Lima Puluh Kota. 

Sementara untuk malam hari cuaca diprediksi berawan dengan potensi hujan ringan-sedang di wilayah Pasaman, Bukittinggi, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Padang Panjang, Solok, Kab. Solok, Sijunjung, Dharmasraya dan potensi hujan sedang-lebat di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Pariaman, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Solok Selatan.   

Untuk Dini hari cuaca diprediksi berawan dengan potensi hujan ringan-sedang di wilayah Pesisir Selatan dan Kab. Solok; Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Pariaman, Padang Pariaman, Padang.

Suhu udara diperkirakan berkisar antara 16 sampai 31 derajat celcius, kelembaban udara berada diantara 65 sampai 95 persen.dengan arah angin bertiup dati Barat ke Utara dengan kecepatan 6 sampai 20 Kilometer per Jam.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini  yaitu waspada potensi hujan intensitas sedang - lebat dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang-sore hari di wilayah Pasaman Barat, Pasaman, Lima Puluh Kota. Pada malam hari di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Pariaman, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Solok Selatan. Serta pada dini hari di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Pariaman, Padang Pariaman, Padang, dan sekitarnya.

Lalu untuk prakiraan cuaca pada hari Selasa tanggal 2 Agustus 2022 di Sumatera Barat adalah pada pagi hari diprediksi cuaca berawan dengan potensi hujan ringan-sedang di wilayah Pasaman Barat, Agam, Pariaman, Padang Pariaman, Padang Panjang, Solok, dan Pesisir Selatan.

Lalu untuk siang-sore hari cuaca diprediksi cerah berawan-berawan dengan potensi hujan ringan-sedang di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Bukittinggi, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Pariaman, Sawahlunto, Dharmasraya; Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Padang Pariaman, Kab. Solok, Solok Selatan, Sijunjung, dan Dharmasraya.

Dan untuk malam hari cuaca diprediksi berawan dengan potensi hujan ringan-sedang di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Bukittinggi, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Solok Selatan; Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Sijunjung dan Dharmasraya. 

Untuk dini hari prakirawan mengatakan cuaca di prediksi berawan dengan potensi hujan ringan-sedang di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Agam, Bukittinggi, Pariaman, Padang Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Solok, dan Sijunjung.

Suhu Udara diprediksi berkisar antara 16 hingga 31 derajat celcius dengan kelembaban udara berkisar antara 65 hingga 95 persen. Sedangkan untuk arah angin bertiup dari Barat ke Utara dengan kecepatan berkisar antara 6 sampai 20 kilometer per jam.

Prakirawan juga mengeluarkan peringatan dini yaitu waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir/kilat pada siang hingga sore hari di wilayah Padang Pariaman, Kab. Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Dharmasraya. Pada malam hari di wilayah Sijunjung, Dharmasraya, dan sekitarnya.

Prakiraan cuaca di Sumatera Barat pada hari Rabu tanggal 3 Agustus 2022 adalah pada pagi hari cuaca diprediksi cerah berawan-berawan dengan  potensi hujan ringan-sedang di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Agam, Bukittinggi, Pariaman, Padang Pariaman, Padang, Solok.

Untuk  siang sore hari cuaca diprediksi berawan dengan potensi hujan ringan-sedang di wilayah Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Padang Panjang, Tanah Datar, Pesisir Selatan, Sawahlunto; Potensi hujan sedang - lebat di wilayah Solok, Kab. Solok, Solok Selatan, Sijunjung, dan Dharmasraya. 

Sementara untuk malam hari cuaca diprediksi berawan dengan potensi hujan ringan-sedang di wilayah Kep. Mentawai, Agam, Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh, Solok Selatan, dan Dharmasraya. 

Terakhir untuk dini hari cuaca diprediksi berawan dengan potensi hujan ringan-sedang di wilayah kab. Solok dan Solok Selatan.

Suhu udara diprediksi berkisar antara 16 hingga 31 derajat celcius dan kelembaban udara berkisar antara 65 hingga 95 persen. Dengan arah angin bertiup dari Barat ke Utara dengan Kecepatan 6 hingga 20 Kilometer per jam.

Prakirawan BMKG juga mengeluarkan peringatan dini yaitu waspada potensi hujan intensitas sedang - lebat dapat disertai petir/kilat pada siang hingga sore hari di wilayah Solok, Kab. Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Dharmasraya, dan sekitarnya. 

(*/don) 

Berita Terkait

Baca Juga