Mantan Manager KSPPS Koto Lua Divonis 1 Tahun Penjara

Mantan Manager KSPPS Koto Lua Divonis 1 Tahun Penjara (Foto: Periyadi Saputra/Covesia)

Covesia.com - Mantan Manager Koperasi Simpan Pinjaman Pembiayaan Syariah (KSPPS) Koto Lua, Kecamatan Pauh, Eiyanda Omaria (40), divonis satu tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadilan Negeri Padang.

Putusan tersebut disampaikan oleh hakim Ketua Sidang Juanda dan di dampingi hakim Dedy dan Hendri Jon, Jumat (5/8/22).

"Menjatuhkan putusan kepada terdakwa selama satu tahun penjara. Denda 50 juta dan subsidi satu bulan penjara," ucap Juanda.

Selain itu, terdakwa juga dijatuhkan hukuman uang pengganti sebesar Rp134.006.602 dan subsider empat bulan.

Putusan ini diambil sebab Eiyanda Omaria terbukti melanggar pasal 3 Jo 18 UU tindak pidana korupsi. 

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Padang menuntut terdakwa hukuman pidana selama 1 tahun dan 9 bulan. Denda Rp 50 juta dan subsidir empat bulan penjara. JPU juga mewajibkan terdakwa membayar uang pengganti sebesar Rp157.288.970 subsider satu tahun. 

Sebagai informasi, Eiyanda Omaria melakukan tindakan korupsi dana hibah yang bersumber dari APBD Kota Padang untuk KSPPS Koto Lua pada tahun 2011.

KSPPS Koto Lua mendapat modal berupa hibah sebesar Rp 300 juta. Namun, tersangka melakukan tindakan pembiayaan fiktif selaku manager KSPPS sebesar Rp 324 juta. Ia menggunakan data KTP dan Kartu Keluarga (KK) masyarakat.

Saat proses penyelidikan dan penyidikan, tersangka ada mengembalikan dana tersebut. Setelah dilakukan perhitungan oleh Kejaksaan Tinggi Sumbar, terdapat sisa yang belum dikembalikan sebesar Rp 267.520.000.

Pasal yang disangkakan pada tersangka yaitu pasal 2, 3, 9 UU Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dengan hukuman minimal 4 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara.

Dalam proses penyelidikan, sebanyak 50 orang saksi juga ikut diperiksa. Untuk pengembalian keuangan negara, JPU masih mempertimbangkan dan menetapkan penuntutan kepada tersangka.

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga