BMKG: Berikut Prakiraan Cuaca di Wilayah Sumbar Tiga Hari ke Depan

BMKG Berikut Prakiraan Cuaca di Wilayah Sumbar Tiga Hari ke Depan Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Covesia.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Senin hingga Rabu (8-9-10/8/2022).

Prakirawan BMKG Minangkabau, pada Senin (8/8/2022) merilis prakiraan cuaca pada pagi hari cuaca cerah berawan di seluruh wilayah Sumbar.

Sementara untuk siang-sore hari rata-rata cerah berawan-berawan di wilayah Sumbar. Sementara potensi hujan ringan-sedang di wilayah Kep. Mentawai, Kab. Solok, Sijunjung, Solok Selatan.

Untuk malam hari dan dini hari, rerata berawan untuk wilayah Sumbar. Namun pada dini hari berpotensi hujan ringan - sedang di wilayah Kep. Mentawai.

Prakirawan BMKG menambahkan, suhu udara hari ini di wilayah Sumbar berkisar antara 16 hingga 31 derajat celsius. Kemudian, kelembaban udara berkisar antara 65 hingga 95 persen. Terakhir, angin berhembus dari barat daya ke timur laut dengan kecepatan 6 hingga 25 kilometer perjam. 

Lalu untuk Selasa (9/8/2022) prakirawan BMKG Minangkabau mengatakan perkiraan cuaca pada pagi hari umumnya cerah berawan di wilayah Sumbar. Namun hujan sedang-lebat di wilayah Kep. Mentawai; Potensi hujan ringan-sedang di wilayah Padang, Pesisir Selatan.

Untuk siang hingga sore hari dominan wilayah Sumbar diperkirakan cerah berawan-berawan. Beberapa wilayah berpotensi hujan ringan-sedang di wilayah Agam, Bukit Tinggi, Padang Panjang, Tanah Datar, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Solok, Kab. Solok, Solok Selatan.

Pada malam hari keseluruhan wilayah Sumbar diprediksi berawan. Namun beberapa wilayah berpotensi hujan ringan-sedang di wilayah Agam, Bukit Tinggi, Padang Panjang, Tanah Datar, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Solok, Sawahlunto, Kab. Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Dharmasraya.

Pada dini hari diprediksi berawan. Namun di wilayah Pesisir Selatan berpotensi hujan ringan-sedang.

Dimana suhu udara diperkirakan antara 16 hingga 31 derajat celcius, kelembaban udara antara 65 hingga 95 persen, dan angin berhembus dari barat daya ke timur laut dengan kecepatan 6-25 Km/jam.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini cuaca waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga sore hari di wilayah Kep. Mentawai.

Sedangkan cuaca pada Rabu (10/8/2022) merilis prakiraan cuaca pada pagi hari cuaca berawan di seluruh wilayah Sumbar.

Sementara untuk siang-sore hari rata-rata cerah berawan di wilayah Sumbar. Potensi hujan ringan-sedang di wilayah Pesisir Selatan, Solok Selatan. 

Untuk malam hari dan dini hari, diprediksi berawan untuk wilayah Sumbar. 

Prakirawan menambahkan, suhu udara hari ini di wilayah Sumbar berkisar antara 16 hingga 31 derajat celsius. Kemudian, kelembaban udara berkisar antara 65 hingga 95 persen. Terakhir, angin berhembus dari barat daya ke timur laut dengan kecepatan 6 hingga 25 kilometer perjam.

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga