Selain Mendapat Surat Nikah, Pengantin Baru di Agam juga Dapat KK dan KTP Baru

Selain Mendapat Surat Nikah Pengantin Baru di Agam juga Dapat KK dan KTP Baru Kepala Disdukcapil Agam, Helton

Covesia.com - Permudah pengurusan adminitrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Agam, Sumatera Barat Kerjasama dengan rumah sakit dan Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

Kepala Disdukcapil Agam, Helton mengatakan, Pihaknya sudah melakukan perjanjian kerja sama dengan pihak terkait untuk mempermudah pengurusan KK dan KTP baru pasangan pengantin serta Akte Kelahiran bagi anak yang baru lahir.

"Untuk penganten baru, sebagai syarat menikah menggunakan data berupa dan KTP, data ini nantinya akan di input KUA menggunakan Sistim Informasi Layanan Elektronik Terintegrasi Online (SILETON), jadi setelah menikah langsung bisa mendapatkan KK dan KTP bersama buku nikah," ujarnya Senin (8/8/2022).

Untuk anak yang baru lahir lanjutnya, Disdukcapil Agam juga sudah bekerja sama dengan pihak rumah sakit, dalam mengurus kelahiran syarat yang dibutuhkan juga sama dengan pengurusan Akte Kelahiran dan KK, sehingga Petugas rumah sakit hanya perlu menginput data ke Disdukcapil.

"Saat bayi pulang, Akte kelahiran serta data anak sudah tercantum sebagai anggota keluarga baru di KK," katanya lagi.

Saat ini ungkap Helton, 71 dari 82 pemerintah nagari di Kabupaten Agam juga sudah menggunakan sistem layanan Sileton sehingga pengurusan Adminduk cukup sampai ke Kantor Walinagari. "Untuk rekam KTP masih harus dilakukan di Kantor Disdukcapil Agam atau kegiatan yang dilakukan petugas Disdukcapil ke Nagari-nagari," terangnya.

Dalam upaya mencapai target nasional pencatatan sipil sesuai dengan target RPJMN 2020 -2024 pihaknya juga menuntun peran aktif petugas disdukcapil Agam, Setiap tahunnya selain pelayanan harian, para petugas juga dituntut untuk jemput bola ketengah masyarakat, baik dalam perekaman data baru, KK, Kartu identitas anak maupun keterangan kematian.

"Satu petugas kita targetkan harus bisa mencari 1000 pengurusan Adminduk, baik dalam perekaman data baru, KK, Kartu identitas anak maupun keterangan kematian, jika target tercapai akan diberi Bonus," tutupnya.

(Jhn)


 

Berita Terkait

Baca Juga