Tiga Hari Pelaksanaan Rakernas Apeksi di Padang, Berikut Keluhan Pedagang yang Menyewa Stand

Tiga Hari Pelaksanaan Rakernas Apeksi di Padang Berikut Keluhan Pedagang yang Menyewa Stand Stand di RTH Imam Bonjol Pada Pelaksanaan Hari Ketiga Rakernas Apeksi 2022, Selasa (9/8/2022)(Foto: Covesia-Lisa)

Covesia.com - Pedagang stand mandiri keluhkan rangkaian pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (Apeksi) 2022 yang dilaksanakan di Kota Padang. Khususnya di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Kota Padang, Selasa (9/8/2022).

Hal tersebut diutarakan salah satu pedagang aksesoris khas Lombok pada stand mandiri di RTH Imam Bonjol, Setiawati, ia mengeluhkan tata letak stand yang disediakan panitia pelaksana.

"Letak stand tidak strategis, stand kita letaknya menghadap matahari. Apabila sudah pukul 11.00-15.00 Wib, sudah terpapar matahari," tuturnya saat ditemui covesia.com.

Katanya, akibat letak stand yang tidak starategis, biaya yang dikeluarkan dari lombok menuju Sumatera Barat tidak setara dengan penghasilan yang didapat.

"Pendapatan tidak sebanding untuk biaya sewa stand serta uang yang kita keluarkan dari Lombok menuju Padang," sebutnya yang juga menjual berbagai pakaian lainnya. 

Lanjutnya, selain letak stand yang tidak starategis, ia juga mengatakan persiapan yang lainnya juga kurang matang. "Pada malam hari saja lampu sorot di dekat stand kita tidak hidup, ditambah lagi tidak adanya tong sampah di lokasi dekat stand terutama stand makanan," tuturnya.

Sementara itu, pedagang stand mandiri lainnya, Indri asal Payakumbuh mengatakan penyelengaraan kegiatan yang tidak satu lokasi berdampak pada sepinya pembeli.

"Pembeli sepi, biasanya pada acara nasional di hari pertama dagangan sudah laku, ini saja sampai hari ketiga dagangan masih banyak," tuturnya yang menjual pakaian muslim itu. 

Lanjutnya, letak stand yang disediakan panitia juga tidak strategis. "Standnya tidak strategis, ditambah lagi pintu masuknya tidak satu saja," katanya.

Sambung dia, selama tiga hari pelaksanaan pengeluaran lebih besar dari pada pendapat. "Pendapatan tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan, ditambah lagi kita di sini sewa stand," sebutnya.

Sebagaimana diketahui, prosesi Rakernas Apeksi 2022 tersebut digelar selama empat hari berturut-turut, dimulai  Minggu-Rabu (7-10/8/2022). Pelaksanaanya pun digelar di berbagai tempat dengan berbagai rangkaian acara. Mulai di sejumlah hotel di Kota Padang, Pantai Padang hingga Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Kota Padang.

(lsa) 

Berita Terkait

Baca Juga