Rayakan HUT ke 10, IWO Sumbar Gelar Diskusi soal Tantangan Media di Era Digital

Rayakan HUT ke 10 IWO Sumbar Gelar Diskusi soal Tantangan Media di Era Digital

Covesia.com - Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Barat (Sumbar) merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) IWO ke-10 di Padang, Rabu (10/9/2022), tepatnya di Sekretariat IWO Sumbar di Kawasan GOR Haji Agus Salim Padang.

Acara ini dimulai dengan makan bersama dan diskusi antar sesama anggota dan narasumber yang diundang terkait tantangan dan peluang media online di tengah berkembang pesatnya teknologi.

Dalam acara kali ini 3 orang narasumber yang didaulat adalah Irfendi Arbi, Mantan Bupati 50 Kota yang juga sebagai wartawan, lalu Heranof Firdaus dari minangsatu.com dan Syukri Umar dari Harian Rakyat Sumbar.

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumbar Khadafi Azwar mengucapkan rasa syukurnya atas perayaan HUT ini.

Dalam kesempatannya sebagai pembicara Irfendi Arbi mengatakan alangkah baiknya bagi wartawan untuk turut terjun ke bidang politik dan menjadi wakil rakyat.

“Kita dorong wartawan untuk maju di tahun 2024 nanti baik legislatif maupun eksekutif. Kenapa saya bilang begitu karena mereka punya kemampuan,” ujarnya.

"Kita harus sama-sama mendukung agar wartawan yang ikut pemilihan ini, ketika dia sudah duduk, dapat ikut membuat kebijakan dan memperjuangkan hak para wartawan," sambungnya.

Selain itu Heranof Firdaus juga mengungkapkan pentingnya keprofesionalam media dalam menerbitkan berita.

"Kita meminta kepada media, jangan mudah saja mengeluarkan id pers, bagi wartawan yang dirasa tidak cakap, karena ujung-ujungnya yang rusak namanya adalah wartawan juga," jelasnya.

Disisi lain Syukri Umar turut menyorot pentingnya perlindungan bagi wartawan, agar pemberitaan yang dibuat tidak menjadi asal-asalan

Pada akhir acara IWO juga mengeluarkan rekomendasi untuk pengawalan revisi RUU KUHP yang dinilai meresahkan wartawan dalam bekerja.

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga