Selain Menutupi Badan Jalan, Material Longsor juga Timpa Satu Unit Warung Makan

Selain Menutupi Badan Jalan Material Longsor juga Timpa Satu Unit Warung Makan Tampak satu unit kedai nasi di Jl. Lubuak Paraku RT 01 RW 12 Kel. Indarung Kec. Lubuk Kilangan, yang tertimpa longsor, Sabtu (20/8/2022)(Foto: dok. BPBD)

Covesia.com - Longsor yang terjadi di Jalan Lintas Padang - Solok atau di Jalur Sitinjau Lauik pada Sabtu (20/8/2022) siang, selain menutupi badan jalan sehingga jalur Padang - Solok via Indarung harus ditutup total, materialnya juga menimpa 1 unit rumah yang dijadikan warung makan milik warga.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Basril, mengatakan lokasi warung tersebut berada di Jl. Lubuak Paraku RT 01 RW 12 Kel. Indarung Kec. Lubuk Kilangan

"Hujan dan angin kencang yang terjadi di Kota Padang menyebabkan terjadinya longsor di 4 titik, lalu ada longsoran yang menimpa bangunan rumah milik Yanti (50) yang dijadikan sebagai rumah makan," ucapnya.

"Untuk kerugian dari rumah yang tertimpa longsor tersebut ditaksir kurang lebih mencapai 100 Juta Rupiah," terangnya.

Untuk longsor tercatat ada 5 titik longsor dimana titik ke 5 adalah titik longsor yang baru, dan titik pertama merupakan titik longsor yang lama dan telah dikerjakan oleh PU untuk membuka badan jalan.

"Longsor yang baru ini, membuat karakteristik bukit ini agak bergerak dan kita minta kepada pengendara yang menuju Padang - Solok atau sebaliknya agar berhati-hati, karena cuaca Kota Padang masih diguyur hujan," terangnya.

"Alhamdulillah alat berat dari TRC Semen Padang telah membantu untuk membersihkan material longsor yang menutupi jalan," sambungnya

Lebih lanjut dia mengatakan sampai saat ini jalur Padang - Solok  masih macet panjang. BPBD Padang menghimbau agar pengendara untuk ekstra hati-hati kalau jalan telah dibuka.

Saat ini katanya BPBD Padang telah melakukan evakuasi pembersihan material longsoran serta melakukan pemasangan tenda untuk hunian sementara.

Selanjutnya saat ini tim BPBD Kota Padang, Polri, TNI, TRC Semen Padang, Kampung Siaga Bencana Luki dan Masyarakat tengah berjibaku dalam membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan.

Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Lija Nesmon membenarkan akan adanya longsor tersebut.

"Iya ada longsor di 4 titik yang menyebabkan arus lalu lintas harus ditutup total," ujarnya saat dihubungi covesia.com.

(adi) 

Berita Terkait

Baca Juga