Berikan Motivasi ke Calon Wisudawan Unand, Aqua Dwipayana: Pilihan Terbaik Adalah Langsung Bekerja

Berikan Motivasi ke Calon Wisudawan Unand Aqua Dwipayana Pilihan Terbaik Adalah Langsung Bekerja Motivator Nasional, Aqua Dwipayana saat memberikan motivasi wisudawan-wisudawati Unand, Rabu (8/9/2022)

Covesia.com - Universitas Andalas (Unand) mengadakan Kuliah umum yang bertajuk "The Power Of Silaturahim, Sharing Komunikasi dan Motivasi" pada Kamis (8/9/2022).

Kuliah umum ini mengambil tema "Sukses Pasca kuliah" dengan yang menjadi pembicara kali ini adalah Dr Aqua Dwipayana yang merupakan Motivator Nasional sekaligus Pakar Komunikasi.

Acara ini dilakukan dalam rangka memotivasi calon-calon wisudawan-wisudawi Unand yang akan diwisuda beberapa hari lagi. 

Rektor unand Prof Yuliandri dalam sambutannya mengatakan acara ini sangat penting bagi mahasiswa karena ilmu yang beliau punya sangat bermanfaat bagi calon lulusan.

"Ambillah ilmu dari beliau karena beliau pasti memiliki kiat-kiat untuk sukses setelah lulus dari Universitas," jelasnya.

Selain itu dia juga mengucapkan selamat kepada calon wisudawan yang dalam hitungan hari akan menjalani prosesi wisuda.

“Kami mengucapkan selamat kepada ananda semua yang dalam waktu dekat akan diwisuda, tetap semangat melanjutkan perjuangan, yang ke dunia kerja maupun yang melanjutkan studi kembali,” katanya.

Sementara itu Aqua Dwipayana mengatakan  dia menyampaikan pesan kepada para calon wisudawan untuk memilih pilihan tepat saat diwisuda.

"Ketika teman-teman diwisuda maka itu akan menjadi awal dari perjuangan dan itu adalah pilihan, apakah pilihannya kuliah lagi, bekerja atau membuka lapangan kerja," jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan berdasarkan pengalamannya pilihan yang terbaik itu adalah kalau para wisudawan tersebut langsung bekerja. 

"Karena ketika seseorang punya portofolio atau pengalaman - pengalaman dia akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang paling baik," tuturnya.

Bagaimana menguasai secara komprehensif soft skill lanjut Aqua adalah yang paling penting karena banyak orang yang Ip nya 4 namun komunikasinya lemah, akhirnya di frustasi.

"Semua perusahaan dimuka bumi ini pasti akan menanyakan pengalaman makanya selama kuliah harus memiliki pengalaman yang banyak," jelasnya.

Dia juga menerangkan jangan pernah mengandalkan universitas namun harus mengandalkan kemampuan pribadi.

"Yang namanya alumni S1 sudah banyak sekali, makanya persaingan menjadi makin ketat, dan seharusnya mahasiswa yang tamatan S1 harus memiliki banyak ilmu yang bisa diandalkan dengan mengikuti magang-magang dan masuk kedalam organisasi," pungkasnya. 

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga