Kakanwil Kemenag Sumbar Buka Secara Resmi Kompetisi Sains Madrasah di MAN 2 Padang

Kakanwil Kemenag Sumbar Buka Secara Resmi Kompetisi Sains Madrasah di MAN 2 Padang (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. Demikian sepenggal kata bijak Soekarno yang dikutip oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi saat membuka kegiatan Kompetisi Sains Madrasah di MAN 2 Padang, Jumat (9/9/2022). 

Dijelaskan Kakanwil bahwa Hari ini madrasah sudah menunjukkan jati dirinya sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas dan mampu bersaing secara nasional, regional dan internasional.

Berdasarkan Nilai UTBK Tahun 2022, beberapa madrasah Sumatera Barat masuk TOP 1000 SMA/MA Terbaik Nasional, yaitu : MAN IC Padang Padang Pariaman, MAS Perguruan Ar Risalah, MAN 1 Kota Bukittinggi dan MAS KMI Diniyyah Puteri Padang Panjang. Dan saat ini MAN IC Padang Pariaman menjadi SMA/MA Terbaik I di  Sumatera Barat.

"Di mata masyarakat, madrasah dapat memberikan benteng bagi anak-anak mereka karena madrasah tidak hanya membekali ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga memberikan bekal ilmu agama. Indikator paling tampak dari kondisi tersebut adalah semakin besarnya minat orang tua memasukkan putra-putri ke madrasah pada saat Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) setiap tahunnya," ujar Kakanwil. 

"Fakta ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola madrasah yang harus dijawab dengan langkah-langkah konkret. Proses pembelajaran dan sarana pembelajaran di madrasah harus semakin ditingkatkan, ditunjang dengan guru-guru madrasah yang juga harus senantiasa ditingkatkan kualifkasinya," ujarnya lagi. 

Lebih mendalam dijelaskan Kakanwil, guna meningkatkan iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah juga perlu dikembangkan kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki.

Kompetisi Sains Madrasah merupakan salah satu bentuk ikhtiar Kementerian Agama dalam memberikan wadah bagi siswa madrasah untuk  berkompetisi secara akademik,  mengembangkan bakat minat dan potensi masing-masing.

Ditambahkannya, Kompetisi Sains Madrasah diharapkan meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah melalui penumbuh-kembangan budaya belajar, nilai-nilai kreativitas, sportivitas, dan nilai-nilai spritualitas.

KSM menjadi ikon kebanggaan madrasah, menghadirkan marwah madrasah, sehingga masyarakat mengetahui kualitas madrasah benar-benar dapat dirasakan kehadirannya oleh masyarakat.

"Kepada semua  anak-anak kami, berbanggalah menjadi siwa madrasah. Jangan pernah berhenti untuk belajar, karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan. Carilah pengalaman belajar sebanyak-banyaknya untuk bekal anda dalam menghadapi kehidupan di abad 21," ucap Kakanwil. 

"Selamat dan sukses kepada ananda semua, yang telah ditetapkan oleh Juri KSM Pusat sebagai peserta KSM Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 pada masing-masing mata pelajaran yang dilombakan, persiapkan diri dengan baik, jaga kesehatan, keluarkan segenap kemampuan dan potensi diri. Anak-anak kami  mempunyai potensi yang sama,  memiliki peluang yang sama, maksimalkan ikhtiar yang diserta do’a, kami yakin siswa siswi madrasah Sumatera Barat akan dapat bersaing  dan berkompetsi secara sehat menjadi yang terbaik," pesan Kakanwil. 

Terakhir tak lupa Kakanwil mengucapkan terimakasih dan apresisi kepada Kemenag Kota Padang dan MAN 2 Padang selaku tuan rumah, Komite KSM Provinsi, Kepala Kantor Kemenag Kab-Kota, Komite KSM Kab-Kota, Pengawas, HD/Teknisi, Kepala Madrasah, Proktor dan semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan KSM Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Eddy Oktafiandi mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak mensukseskan acara KSM Tahun 2022 ini. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Kakanwil sudah mempercayai Kota Padang sebagai penyelenggara KSM Tingkat Provinsi Tahun 2022 dengan tuan rumah lokasi pelaksanaan MAN 2 Padang. 

Ketua Komite KSM Tahun 2022 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri Pani Dias melaporkan, "Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 diikuti oleh  3 siswa terbaik tiap bidang studi yang dilombakan sebagai hasil seleksi KSM Kabupaten/Kota, berjumlah 605 orang peserta, dengan rincian untuk tingkat MI/ SD sebanyak110 orang, untuk tingkat MTs/SMP sebanyak171 orang, dan untuk tingkat MA/SMA sebanyak 324 orang."

Turut memeriahkan dengan menghadiri pembukaan KSM, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Ny. Hj. Nazifah Helmi, Kepala Bidang dan Pembimas pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Kepala Balai Diklat Keagamaan Padang, Kepala UPT Asrama Haji Padang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang dan jajaran, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kabupaten Kota se-Sumatera Barat, beserta Ketua DWPnya, Komite KSM Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Pengurus Pokjawas Madrasah, KKMI, KKMTs dan KKMA Provinsi Sumatera Barat, Kepala Madrasah se-Sumatera Barat, dan Ketua Kontingen, Guru Pendamping.

Dengan dipencetnya Bel oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi dan penerbangangan balon udara oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Ny. Hj. Nazifah Helmi maka resmi KSM Tingkat Provinsi Tahun 2022 dibuka dan dimulai.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga