Dibuka Wagub Sumbar, ALFI/ILFA Gelar Muswil III

Dibuka Wagub Sumbar ALFIILFA Gelar Muswil III

Covesia.com - ALFI/ILFA (Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia/Indonesian Logistics & Forwarders Association) Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan Musyawarah Wilayah (Muswil) pada Rabu (21/9/2022).

Muswil yang digelar disalah satu hotel Kota Padang ini mengangkat tema 'Optimalisasi Peran ALFI/ILFA Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk dan Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Barat'.

Dalam sambutannya Sekjen DPP ALFI Akbar Djohan menjelaskan isu tingginya biaya logistik merupakan isu yang harus dibenahi oleh stekholder terkait.

"Mahalnya harga logistik di Indonesia merupakan PR kita bersama. Kita harus berbenah diri, apalagi ALFI/ILFA yang telah berusia 33 tahun ini turut mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan muswil ini diharapkan dpaat mencari solusi tentang mahalnya harga logistik dan tantangan bagi kita untuk bergerak kedepannya," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Umum DPW  ALFI/ILFA Sumbar Isra Dharma Suryandra dalam kesempatan tersebut menjelaskan, di Sumbar terdapat 35 perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi (freight forwarding) yang tergabung dalam DPW  ALFI/ILFA Sumbar.

"Sumbar sendiri mempunyai produk eksport dari pertanian dan non pertanian. Sedangkan negara tujuan eksport sendiri adalah negara-negara yang berada di Asia Selatan seperti Bangladesh, India, pakistan. Selain itu, Sumbar juga mengeksport barang ke negara Jepang, serta negara yang berada di Eropa," jelasnya.

Isra Dharma Suryandra berharap, dengan dilaksanakamnya muswil III DPW  ALFI/ILFA Sumbar ini dpaat mewujudka. Ekosisteim logistik di Sumbar yang mempunyai daya saing tinggi, sehingga Pemprov Sumbar dapat melahirkan kebijakan dalam membantu eksport logistik.

"Kita berharap dapat menarik kargo Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi untuk dapat di eksport dari Teluk Bayar," tutupnya.

Disisi lain Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy yang diminta untuk membuka dan memeberikan sedikit arahan dalam acara tersebut juga menyampaikan beberapa hal.

Audy Joinaldy berharap, dengan pelaksanan Musyawarah Wilayah III DPW  ALFI/ILFA Sumbar ini diharapkan memunculkan solusi agar biaya logistik tidak mahal di Sumbar.

"Kita harus mencari benang kusut yang menyebabkan mahalnya biaya logistik. Tentu banyak faktor terkait di dalamnya. Pemprov Sumbar sangat mengapresiasikan kegiatan ini, dan berharap kepengurusam baru bisa mencarikan solusi untuk menekan biaya logistik. Tentu semua ini dilakukan untuk meningkatkan perekonomian di Sumbar," tutupnya.

Pembukaan secara resmi acara ini ditandai dengan pemukulan gandang tambua secara serentak oleh Ketua DPP ALFI/ILFA, Ketua DPW ALFI/ILFA, Ketua Pelaksana Muswil dan Wagub Sumbar. 

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga