Tak Ada Indomaret dan Alfamart, Masyarakat Luar Sumbar yang Tinggal di Padang Kaget

Tak Ada Indomaret dan Alfamart Masyarakat Luar Sumbar yang Tinggal di Padang Kaget Istimewa

Covesia.com- Indomaret dan Alfamart saat ini merupakan bisni ritel warabala terbesar di Indonesia. Apabila kita berkunjung di kota manapun, pasti akan ditemukan kedua gerai ritel ini, Rabu (22/9/2022)

Namun, hal tersebut selama ini tidak pernah dijumpai di Sumatera Barat (Sumbar). Mendapati hal itu, masyarakat asal Batam yang tinggal di Sumbar merasa kecewa dan kaget tanpa hadirnya kedua gerai tersebut.

Hal itu disampaikan Ade Izma, katanya, saat pertama kali menginjakkan kaki di ranah minang saya kaget dan sedikit kecewa, karena tak satupun ditemukan Indomaret dan Alfamart. "Kaget dan sedikit kecewa, karena ketika di Batam maupun di kota-kota lain mudah sekali ditemukan dua gerai tersebut, namun di Ranah Minang tidak," tuturnya saat diwawancari covesia.com.

"Iya sih di Padang ada supermarket, tapi gak selengkap Indomaret sama Alfamart," katanya yang saat ini sedang menempuhkan pendidikan strata satu di salah satu universitas di Kota Padang.

Lanjutnya, produk keluaran terbaru seperti makanan juga cepat ditemui di Indomaret dan Alfamart. "Produk keluarakan terbaru di supermarket agak lama dibangdingkan Indomaret dan Alfamart, terus di sana juga bisa dibayar pakai shopee pay juga," lanjutnya.

Alasan Ranah Minang Tidak Punya Indomaret dan Alfamart

Usut punya usut, ditelusuri covesia.com dari berbagai sumber, alasan di Sumatera Barat tidak menyediakan dua gerai perbelanjaan tersebut baik di pusat kota maupun di daerah karena Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sumbar tidak memberikan izin masuk kepada bisnis ritel tersebut.

Alasan tersebut tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi para masyarakat lokal, karena Pemrov Sumbar menilai jika ada Indomaret dan Alfamart dikhawatirkan akan mematikan bisnis kecil dan pedagang tradisional di Sumbar. Kehadiran kedua tempat pembelanjaan tersebut dipercaya oleh pemerintah setempat bisa merusak ekonomi daerah Sumbar dalam jangka panjang. 

(lsm)

Berita Terkait

Baca Juga