Diguyur Hujan Seharian, Sejumlah Titik Bencana Landa Kota Padang

Diguyur Hujan Seharian Sejumlah Titik Bencana Landa Kota Padang Tampak salah seorang bocah, yang sedang mengevakuasi barang-barangnya terendam saat banjir melanda rumahnya di kawasan Batu Busuk, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Kamis (22/9/2022)(Foto: dok. Humas BPBD)

Covesia.com - Hujan deras serta angin kencang yang menimpa Kota Padang dari sore kemarin, Rabu (21/9/2022) sampai dengan Kamis (22/9/2022) pagi mengakibatkan berbagai kejadian di Kota Padang.

Kejadian tersebut berupa tanah longsor, banjir dan pohon tumbang di beberapa titik Kota Padang.

Kalaksa BPBD Padang, Endrizal mengatakan terdapat 16 titik bencana yang terdata oleh BPBD.

"Ada 16 titik bencana yang terdata, mulai dari banjir, longsor sampai pohon tumbang," jelasnya saat dihubungi Covesia.com.

Kejadian pertama terjadi di Jl. Belimbing Lubuk Sarik RT 04 RW 02  Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan, disini terjadi bencana  Longsor dan Pohon tumbang.

"Mengakibatkan Menghambat akses jalan sehingga dapat membahayakan Jiwa manusia yang berkendaraan, namun saat ini material pohon tumbang sudah dibersihkan oleh team TRC BPBD. Untuk Longsor sudah di koordinasikan dengan Dinas PUPR," jelasnya.

Selain itu longsor dan pohon tumbang juga terjadi di Batu busuk RT 01 RW 03 kelurahan lambung bukit kecamatan pauh yang mengakibatkan satu sekolah PAUD terdampak dan menghambat akses jalan.

"Untuk yang di Batu Busuk, satu sekolah PAUD tertimbun material longsor, dan sudah di koordinasikan dengan dinas PU untuk membersihkan materialnya," lanjutnya.

Lalu untuk banjir dia menjelaskan terdapat 11 titik banjir yang berada di Kota Padang yang menggenangi jalan dan memasuki rumah warga.

"Banjir ada 11 titik tersebar di, Kecamatan Pauh, Kuranji, Nanggalo , Padang Timur, Koto Tangah dan Lubeg namun saat ini air sudah mulai surut," ungkapnya.

Seterusnya ada juga kejadian pohon tumbang yang terdapat di 3 titik lokasi.

Lokasi pertama ada di Jalan Teknologi 1, Nomor 1 Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo yang mengakibatkan batang pohon tumbang menghambat akses jalan dan Menimpa kantor kimia farma.

"Material Pohon tumbang sudah dibersihkan oleh tim TRC BPBD," jelasnya.

Selanjutnya titik kedua ada di RT. 001/RW.004, Kelurahan Tanjuang Saba Pitameh, Kec. Lubuk Begalung yang menimpa sebuah rumah dan menghambat saluran air selokan.

"Terakhir ada di Bandar Bekali dekat Jembatan Tamsis yang menghambat aliran sungai, namun sudah ditangani oleh tim TRC BPBD Padang," imbuhnya.

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga