Disparpora Bukittinggi Berikan Pelatihan Untuk Pemandu Wisata, Wako : Berikan Informasi yang Benar

Disparpora Bukittinggi Berikan Pelatihan Untuk Pemandu Wisata Wako  Berikan Informasi yang Benar
Covesia.com - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat menggelar pelatihan pemandu wisata dan budaya.
Kabid Parekraf, Aprilia Astuti, menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari terhitung tanggal 20 hingga 22 September 2022.

Kegiatan pelatihan pemandu wisata dan budaya tersebut, dilaksanakan melalui DAK non fisik tahun 2022 yang ditujukan untuk mewujudkan misi keempat, Hebat dalam sektor kepariwisataan, seni dan budaya.

“Sasarannya, pelatihan ini untuk mewujudkan 50 orang yang bertugas objek wisata dan praktisi pemandu wisata, memiliki kompetensi untuk memandu budaya dan sejarah di Kota Bukittinggi secara profesional," kata April.

Menurutnya, peserta yang mengikuti pelatihan dengan komposisi DPC himpunan pramuwisata Kota Bukittinggi.

"Dalam pelatihan ini 60 persen materi di dalam ruangan dan selanjutnya adalah kegiatan orientasi lapangan,” ujarnya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, pemandu wisata dan pokdarwis merupakan penyampai informasi pada wisatawan yang butuh kesamaan persepsi dan informasi yang akan disampaikan pada wisatawan dan pengunjung Kota Bukittinggi.

“Para pemandu wisata harus banyak membaca dan mengetahui sejarah, cerita cerita itu lah yang disampaikan pada pengunjung, karena Bukittinggi dikenal dengan kota wisata sejarah," kata Wako.

Ia menambahkan imbauan agar jangan sampai pemandu wisata memberikan informasi yang salah dan tidak pasti kepada wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi.

"Untuk itu semua, harus tau, mana yang sejarah, mana yang tambo, mana yang hikayat, saya meminta pada pemandu wisata untuk memberikan layanan yang baik dan ramah pada pengunjung sehingga pelatihan ini dapat memberikan manfaat," imbuhnya.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga