Polisi Ringkus Dua Pelaku Pencurian Banyak TKP di Padang Pariaman

Polisi Ringkus Dua Pelaku Pencurian Banyak TKP di Padang Pariaman Sejumlah barang bukti, yang berhasil diamankan dari dua pelaku pencurian di Padang Pariaman, Jumat (23/9/2022)(Foto: dok. Polres Padang Pariaman)

Covesia.com - Tim Opsnal Jatanras Satreskrim Polres Padang Pariaman mengamankan dua orang pelaku tindak pidana Curat, Curas, dan Curanmor yang diamankan di lokasi berbeda, Jumat (23/9/2022) sekira pukul 02.00 WIB dini hari.

Kasatreskrim Polres Padang Pariaman, AKP Agustinus Pigai mengatakan, pelaku bernama Albert (30) dan Damai (46) yang melakukan aksi pencurian di wilayah hukum Padang Pariaman. 

"Pelaku Albert ini empat kali residivis dalam perkara yang sama. Pada tahun 2019, ia sempat kabur dari Polsek Batang Anai. Akhirnya berhasil diamankan oleh Polres Padang Pariaman," ujarnya.

Agustinus mengatakan kronologi penangkapan berawal dari maraknya aksi pencurian yang terjadi di Wilayah Padang Pariaman beberapa waktu lalu.

"Berdasarkan penyelidikan kami dapat informasi bahwa pelaku pencurian adalah pemain kelompok mentawai. Beberapa anggota kelompoknya sudah ada yang diamankan," ucapnya.

Saat penyelidikan, terdapat salah satu barang bukti berupa handphone merk Samsung A12 yang aktif di wilayah Balai baiak, Kelurahan Kapuh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

"Kita langsung ke lokasi handphone diaktifkan, dan ditemukan pelaku pencurian yakni Albert di lokasi tersebut," kata dia.

Meski sempat melakukan perlawanan tapi petugas berhasil mengamankan Albert. "Ia sempat kabur lalu kita kejar dan lakukan tindakan tegas terukur ke arah kedua kakinya," imbuhnya.

Dari tangan pelaku, ditemukan barang bukti berupa satu unit Handphone merk Samsung A12 yang akan dijual kepada tetangga tempat ia mengontrak.

Tidak hanya itu, tim juga menemukan 52 barang bukti berupa 21 unit Handphone, 2 buah powerbank, 6 Unit Jam Tangan, 3 sepeda motor, 1 senapan angin, 3 buah helm.

Selain itu ditemukan 3 unit speaker & radio, 2 buah koper, 4 buah tas, 2 unit cas lampu surya jalan, 2 buah dompet, 2 buah kain Sprai baru, dan 1 buah palu, tang, pisau, lading, obeng dan besi. 

"Dia mengaku mencuri barang tersebut dari bebarapa TKP berbeda yang tidak diingat lagi TKPnya, namun menurut pengakuannya ada sekitar 10 TKP di Wilkum Padang Pariaman," ujarnya.

Tidak hanya pelaku Albert, setelah dilakukan interogasi dan pengembangan kasus ternyata dia tidak bermain sendiri namun dengan pelaku lainnya yakni Damai yang merupakan temannya. 

Menanggapi hal demikian Tim Jatanras melacak lokasi Damai, dan Damai ditangkap pada hari yang sama.

"Damai Ini diamankan sekitar pukul 5 pagi di Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang," jelasnya.

Damai sempat melakukan perlawanan dengan memanjat genteng sebuah kos-kosan. Ia berhasil diamankan setelah pengejaran dengan petugas dan dilakukan tindakan tegas dan terukur ke arah kakinya.

"Ia sudah mengaku melakukan pencurian tapi tidak ingat lagi Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) nya karena saking banyak TKPnya," ungkapnya. 

Pada Damai ditemukan barang bukti berupa alat-alat yang digunakan untuk melakukan pencurian. 

Sehari sebelum penangkapan, kedua pelaku juga sempat melakukan pencurian dan mengancam korban dengan pisau/lading di Nagari Air Tajun Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.

Selanjutnya kedua pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolres Padang Pariaman guna proses hukum lebih lanjut.

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga