Kadiskominfo Bukittinggi Sebut Akan Adaptasi Program yang Baik di Medan untuk Diterapkan di Bukittinggi

Kadiskominfo Bukittinggi Sebut Akan Adaptasi Program yang Baik di Medan untuk Diterapkan di Bukittinggi

Covesia.com - Dinas Komunikasi Informatika Statistik Kota Bukittinggi bersama 58 media di Sumbar melakukan kunjungan ke Kominfo Kota Medan, Kamis (1/12/2022).  Kadis Kominfo Bukittinggi, Erwin Umar mengatakan akan mengadaptasi program yang baik di Diskominfo Medan untuk diterapkan di Diskominfo Bukittinggi.

"Banyak yang bisa kita ambil dari Sumut, khususnya Kota Medan. Diantaranya sinkronisasi pemberitaan dan kerjasama media,"ungkap Erwin.

Kemudian Erwin menyampaikan bahwa program satu data telah kita launching di Diskominfo Bukittinggi. Seluruh data SKPD ada di Diskominfo. Sehingga apapun berita terkait Bukittinggi bisa didapatkan di Diskominfo.

Tak hanya itu, Erwin juga menyebutkan Diskominfo Medan mampu memberikan pencerahan pada masyarakat melalui media. Meskipun banyak kritisi, namun disampaikan atau diberitakan dengan santun dan baik.

"Ini tidak terlepas juga dari peran PWI yang dekat dengan pemerintah daerah.Apa yang sudah baik di Medan, kita coba adaptasikan di Kota Bukittinggi," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Medan Arrahman Pane menyampaikan bahwa Kota Medan terdiri dari 21 kecamatan, 151 kelurahan, 2001 lingkungan, dengan 2,4 juta penduduk.

"Saat ini Diskominfo Medan kerjasama dengan 200 wartawan. Kerjasama yan dilaksanakan, seperti, kliping, kerjasama dengan perusahaan media lokal, kerjasama dengan media nasional,"jelasnya.

Anggaran sesuai kebutuhan, karena termasuk kota besar, sehingga dianggarkan sekitar Rp 10 milyar.

Tak hanya otu, Arrahman Pane menyebutkan tahun ini Diskominfo melakukan UKW untuk 40 wartawan, 14 belum kompeten, 4 tidak hadir. Saat ini masih terdapat 25 wartawan yang belum UKW.

"Ke depan akan dilaksanakan UKW, agar seluruh wartawan yang bekerjasama dengan Diskominfo Medan merupakan wartawan yang kompeten melalui UKW," pungkasnya.

Baca Juga