Kejar Target, Disdukcapil Kota Pariaman Bapayung ke Sekolah

Kejar Target Disdukcapil Kota Pariaman Bapayung ke Sekolah Istimewa

Covesia.com -Untuk meningkatkan capaian target penerbitan dokumen Kependudukan KTP-EL untuk pemula dan KIA bagi yang berusia 16 th kebawah di Kota Pariaman dan sekaligus penertiban dalam administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pariaman luncurkan inovasi Berpayung Kesekolah  (Berikan Pelayanan Langsung Ke sekolah) yang ada di Kota Pariaman. Hal tersebut disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Pariaman, Adi Junaidi saat mendampingi tim Disdukcapil melakukan perekaman di SMA 1 Pariaman, Senin (3/10).

“Disdukcapil Kota Pariaman saat ini untuk KTP-EL pemula masih mencapai 80 % dan target kita mampu mencapai 100 % jelang akhir tahun ini. Begitu juga dengan pembuatan Kartu Indentitas Anak (KIA), masih jauh dari taget. Makanya kita berikan pelayanan langsung ke sekolah–sekolah agar semua bisa mencapai 100 %, “ ungkapnya.

"Tujuannya adalah untuk menertibkan administrasi kependudukan bagi warga Kota Pariaman yang barus saja berusia 17 tahun. Tidak hanya KTP-EL, payung kesekolah juga melayani penerbitan dokumen lainnya seperti KIA, KK dan Akte Kelahiran," sambungnya.

“Kita tidak hanya melayani perekaman untuk KTP-EL saja, namun Berpayung ke Sekolah juga membuka layanan untuk menerbitkan Akte Kelahiran, KK dan KIA. Khusus untuk KIA diperuntukkan bagi pelajar yang berusai 16 tahun kebawah. Agar para pelajar antusias dalam menertibkan administrasi KIA, kita telah menggandeng dan bekerja sama dengan Bank Nagari untuk memberikan voucher bagi mereka yang telah cetak KIA pada payung sekolah. Voucher bisa digunakan untuk membuka tabungan baru pada Bank Nagari, “ tambahnya.

“Semoga saja kegiatan Berpayung ke Sekolah yang kita laksanakan selama 3 (tiga) hari di SMA 1 Pariaman ini mampu mempermudah para pelajar untuk memiliki identitas baik KTP-EL ataupun KIA yang bisa dipergunakan sebagaimana mestinya, “ tutupnya.

Sementara itu Kepala SMA 1 Pariaman Elfi Junaida saat dijumpai Tim Media Center Dinas Kominfo Kota Pariaman mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemko Pariaman yang telah bersedia Berpayung ke Sekolah.

“Kita mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Pemko Pariaman karena telah Berpayung ke Sekolah.Dengan adanya kegiatan ini, akan mempermudah pelajar untuk memiliki kartu identitas. Karena selama ini kita tahu bahwa anak – anak sekolah dari Senin s.d Sabtu sehingga untuk langsung ke Disdukcapil belum ada kesempatan. Namun dengan Berpayung ke Sekolah, anak – anak sangat antusias dan mereka sudah bisa langsung mendapatkan KTP-EL ataupun KIA, “ ujarnya mengakhiri.

(rls)

Baca Juga