Beberapa Wilayah Dilanda Banjir dan Terjadi Longsor di Pesisir Selatan

Beberapa Wilayah Dilanda Banjir dan Terjadi Longsor di Pesisir Selatan Banjir yang terjadi di wilayah Barang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (23/1/2023)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Intensitas hujan yang cukup tinggi terjadi hampir di seluruh wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), telah menyebabkan beberapa kawasan di daerah tersebut dilanda banjir dan terjadi longsor, pada Senin (23/1/2023). 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Covesia.com, hujan deras yang terjadi semenjak siang tadi di Pesisir Selatan, mengakibatkan beberapa wilayah di kawasan tersebut telah terjadi bencana banjir dan longsor. 

Diketahui banjir terjadi di beberapa kecamatan di daerah itu diantaranya, Kota Painan, Kecamatan IV Jurai, Kecamatan Koto XI Tarusan tepatnya di Nagari Duku, dan Kecamatan Batangkapas. 

"Akibat diguyur hujan deras yang terjadi sejak siang tadi, hampir seluruh kawasan kota Painan terendam banjir dan ketinggiannya mencapai lutut orang dewasa," ungkap seorang warga Painan Apri (24) pada Covesia.com. 

Kemudian untuk Kecamatan Batangkapas seorang warga Popi (30) mengatakan, dari informasi yang didapatkannya ada beberapa kampung terendam banjir akibat hujan deras sejak siang tadi. 

"Dari informasinya ada beberapa kampung terendam banjir di Batangkapas. Tapi yang pasti itu di Kampung Jelamu beberapa rumah warga mulai terendam banjir," katanya. 

Sedangkan untuk Duku Utara Tarusan, disampaikan salah seorang sopir travel, luapan banjir genangi akses jalan lintas Tarusan-Padang, dan ketinggian air cukup tinggi hampir setinggi pinggang orang dewasa. 

"Banjir cukup tinggi meluap kejalan, bisa dilewati tapi cukup beresiko apalagi pengendara motor, sekarang saya terjebak macet sejak jam 19.00 WIB tadi," ucap Anggi sopir travel dari Kota Padang menuju Kecamatan Sutera. 

Sementara itu, longsor terjadi di beberapa titik diantaranya jalan Sungai Penuh-Tapan, dan jalan Padang-Painan tepatnya, di Parak Tani Kampung Sungai Lundang, Kecamatan Koto XI Tarusan. 

Doni Santoso Humas Polres Pessel menyampaikan, bahwa telah terjadi longsor akibat tingginya curah hujan di daerah tersebut di jalan Padang-Painan tepatnya di Sungai Lundang, Kecamatan Koto XI Tarusan. 

Longsor kata Doni, terjadi sekitar pukul 17.00 WIB sore tadi, dan akses jalan tertutup material tanah sepanjang sepuluh meter. 

"Akses jalan masih bisa dilewati tapi buka tutup dengan dikontrol oleh anggota Kapolsek dan dari anggota lantas Polres Pessel," sebutnya. 

"Untuk kawasan lain, pihaknya masih menunggu laporan dari anggota Polsek yang ada di Pesisir Selatan, informasinya di Tapan juga terjadi longsor," tutupnya. 

(ind) 



Baca Juga