Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumbar Laksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama di Tahun 2023

Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumbar Laksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama di Tahun 2023

Covesia.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan Penandatanganan Komitmen Bersama Dalam Rangka Pembangunan Zona Integritas Tahun 2023, di lingkungan Kemenkumham Sumbar, Selasa (24/1/2023). 

Penandatanganan Komitmen tersebut langsung dihadiri Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumatera Barat Yefni Heriani. 

Kakanwil Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto mengatakan, penandatangan Komitmen ini untuk meningkatkan pelaksanaan kinerja yang semakin Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan & Inovatif (PASTI) dan Berorientasi pelayanan Akuntabel Kompeten Harmoni Loyal Adaptif Kolaboratif (BerAKHLAK) dan berdasarkan Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Nomor SEK-OT.03.02-03 tanggal 13 Januari 2023 perihal Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil mengucapkan terimakasih atas Kinerja Ombudsman yang selalu setia mengawal kinerja Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat.

“Saya berharap, sinergi dan kolaborasi  kepada Kemenkumham akan terus berjalan tak lekang oleh  waktu, dan menjadi pendorong bagi kami untuk bergerak lebih progresif lagi mencapai prestasi demi prestasi," ungkap Kakanwil. 

Lebih lanjut kata Haris Sukamto, tahun 2023 ini, Kanwil Kemenkumham Sumbar akan melaksanakan penilaian Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), melalui Penandatangan Komitmen Bersama sebagai tanda bahwa Kanwil Kemenkumham Sumbar berkomitmen penuh mewujudkan terciptanya Zona Integritas.

"Penanda tangan yang dilaksanakan merupakan salah satu poin dari pembangunan zona integritas, hal ini sesuai dengan Permenpan RB Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM," jelasnya. 

Ia menjelaskan, pada tahun 2021, Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar berhasil memperoleh Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Selanjutnya, tahun 2023 Kanwil Kemenkumham Sumbar berjuang memperoleh pengakuan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), yaitu predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan sangat baik.

“Melalui kesempatan ini saya mengajak semua Team Work saya untuk maju dan berjuang bersama mewujudkannya," harap Kakanwil. 

Kakanwil juga mengajak seluruh jajarannya untuk selalu menerapkan pesan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dalam meningkatkan kinerja di lingkungan Kemenkumham.

“Milikilah optimisme, Mampu mempertahankan berbagai capaian, Mampu mewujudkan kementerian hukum dan HAM semakin pasti dan berakhlak, mampu memenuhi pencapaian target kinerja, Memiliki komitmen dan tanggung jawab moral, Sikapi tahun politik dan menjunjung netralitas, Mampu menyikapi apabila terjadi hal-hal kedaruratan, Memiliki sense of belonging dan sense of crisis," pungkasnya. 

(don) 


Baca Juga