Lima Titik Bencana Tercatat Terjadi di Padang Karena Cuaca Ekstrem Kemarin

Lima Titik Bencana Tercatat Terjadi di Padang Karena Cuaca Ekstrem Kemarin Bencana longsor di Kota Padang, Senin (23/1/2023)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Akibat hujan deras yang melanda Kota Padang sejak sore kemarin mengakibatkan lima titik bencana di Kota Padang, Senin (23/1/2023) kemarin.

Kalaksa BPBD Kota Padang, Endrizal mengatakan sebanyak dua kejadian pohon tumbang, longsor satu kejadian, dan banjir dua kejadian.

Endrizal menjelaskan pohon tumbang menimpa rumah warga di Jalan Bahari Ulak Karang Selatan. Tim sudah melakukan evakuasi terhadap kejadian pohon tersebut.

"Dalam lokasi yang berbeda, pohon tumbang menghambat akses jalan di Jalan ke Mushalla Al Fattah Bandar Buat," ungkapnya, Selasa (24/1/2023).

Sementara bencana longsor menghambat akses jalan di Jalan Raya Padang Solok tepatnya di Panorama I. Untuk proses evakuasinya, tim berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Sumbar, Dinas PU, dan TRC Semen Padang.

"Sudah dilakukan evakuasi dan saat ini akses jalan sudah bisa dilalui," ucapnya.

Selain itu, bencana banjir juga terjadi akibat hujan deras tersebut. Banjir melanda daerah Perumahan Griya Kubu Utama Kelurahan Tabing Banda Gadang.

"Tim sudah lakukan pendataan terhadap warga yang terdampak banjir di lokasi tersebut," jelasnya.

Sementara di Lambung Bukit Kecamatan Pauh, tim melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak. Warga diungsikan ke SDN 19 Kapalo Koto Kecamatan Pauh.

"Kita evakuasi korban baik dengan perahu karet maupun manual dan sudah diserahkan bantuan untuk warganya," jelasnya.

Untuk informasi tambahan, genangan air yang terjadi di Air Tawar, Ulak Karang, Balai Gadang, Lubuk Buaya. Semuanya sudah surut dan warga sudah membersihkan rumahnya sejak pagi hari.

(adi)


Baca Juga