Akibat Hujan, Ratusan Ton Sampah Kembali Menumpuk di Pantai Padang

Akibat Hujan Ratusan Ton Sampah Kembali Menumpuk di Pantai Padang Tampak sampah yang menggunung usai hujan yang terjadi di Pantai Padang, Selasa (24/1/2023)(Foto: Covesia-Pariyadi)

Covesia.com - Ratusan ton sampah menumpuk di pantai Padang, tepatnya di kawasan Tugu Merpati setelah hujan deras melanda Kota Padang Senin kemarin, sampah yang dimuntahkan laut telah menjadi fenomena biasa bagi nelayan di Pantai Padang.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Rimbo Kaluang, Kamel mengatakan keberadaan ratusan ton sampah cukup menyulitkan nelayan dalam membawa perahunya menuju lautan.

"Kami mengeluhkan keberadaan sampah, kalau hujan lebat sampah ini ada. Sehingga aktifitas nelayan membawa perahu ke laut cukup sulit karena terhambat sampah," ucapnya kepada wartawan, Selasa (24/1/2023).

Ia berharap agar Pemko Padang segera melirik keberadaan sampah di Pantai Padang. Selain itu ia meminta Pemko Padang menyediakan traktor pembersih seperti di kota-kota wisata lainnya.

"Kita harap Pemko cepat melakukan pembersihan sampah di sepanjang pantai. Pemko menghadirkan traktor pembersih sampah. Kalau pantai bersih pastinya wisatawan akan banyak berdatangan," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang (DLH) Mairizon juga mendukung keberadaan traktor pembersih pantai. Menurutnya keberadaan traktor dapat menangani sampah disepanjang pantai.

"Layaknya memang Padang ini memiliki traktor pembersih pantai, sayangnya kita belum memilikinya," ujarnya.

Menanggapi permasalahan sampah di sepanjang pantai, pihaknya melibatkan alat berat dinas PU dan truk DLH untuk sampah yang menumpuk di bibir pantai Padang.

"Saat ini pembersihan kita gunakan alat berat Dinas PU dan DLH. Ini sudah tiga hari kita lakukan pengangkutan sampah," terangnya.

Dijelaskannya, sampah yang berada di Pantai Padang merupakan sampah tahunan yang tersimpan di palung - palung sepanjang pantai Padang.

Titik terparah yakni Muaro Padang, tepatnya depan Lapas Muaro Padang, Pantai Muaro Lasak, hingga kawasan pantai di belakang Hotel Pangeran Beach.

"Kalau sampah di Pantai Padang itu sampah tahunan, tingginya bisa mencapai 1,5 meter. Biasanya di kawasan bibir pantai atau di laut," ungkapnya.

Menurutnya Pemko Padang harus bercermin dengan daerah wisata lain seperti pantai Ancol, Jakarta, Pantai Kuta, Bali, yang telah menerapkan traktor pembersih pantai dalam membersihkan sampah yang berada di pinggir pantai.

(adi)


Baca Juga