Dinkes Pasaman Buka Layanan Swab Gratis Setiap Hari Kamis

Dinkes Pasaman Buka Layanan Swab Gratis Setiap Hari Kamis Tes Swab massal di Kabupaten Pasaman (dok.covesia)

Covesia.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat membuka layanan tes Swab gratis bagi masyarakat setempat guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) lebih luas di daerah itu.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis melalui Plt. Kepala Dinas Kesehatan, dr Rahadian Suryanta Lubis mengatakan layanan test Swab gratis itu terbuka untuk kalangan masyarakat umum.

"Tes Swab gratis untuk semua kalangan masyarakat Pasaman. Langkah ini diambil sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam memutus mata rantai Covid-19 di daerah Pasaman. Ini juga sebagi bentuk kami mendukung daerah menuju tatanan hidup normal baru bebas corona," terang dr Rahadian Suryanta, Rabu (23/9/2020).

Saat ini kata dr Rahadian banyak kalangan masyarakat yang pulang dari daerah pandemi Covid-19 yang enggan memeriksakan kesehatan dirinya.

"Banyak animo masyarakat yang masih berkembang akan ketakutan tes Swab. Padahal mereka baru pulang dari daerah pandemi. Kemudian masih minimnya kesadaran masyarakat untuk mendatangi petugas kesehatan saat dilaksanakan Swab massal. Makanya untuk menjangkau mereka itu kami buka sekali seminggu swab gratis," tambahnya.

Menurutnya menjaga daerah Pasaman tetap aman dari wabah Covid-19 adalah sebuah komitmen pemerintah daerah ditengah melonjaknya angka positif di daerah lain.

"Semoga lewat langkah ini bisa menjaga kesehatan masyarakat Pasaman khususnya dari ancaman Covid-19. Sebab kita lihat angka Covid-19 didaerah lain terus meningkat," katanya.

Selanjutnya kata dr Rahardian, test Swab gratis ini bakal dilakukan sekali seminggu yaitu setiap hari Kamis.

“Kami buka layanan dari pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Masyarakat yang ingin melakukan test Swab cukup membawa KTP asli saja,” katanya.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

"Tetap pakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga kontak sosial. Semoga dengan keseriusan dan kerjasama kita semua ini bisa menangkal penyebaran wabah Covid-19," tutupnya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga