Tak Lolos Pencalonan Bupati, Iriadi Dt Tumanggung Gugat KPU Solok

Tak Lolos Pencalonan Bupati Iriadi Dt Tumanggung Gugat KPU Solok Iriadi Dt Tumanggung saat konfrensi pers.

Covesia.com - Iriadi Dt Tumanggung yang diputus tidak lolos dalam pencalonan Bupati Solok, mendaftarkan gugatannya ke Bawaslu Solok. Sebelumnya, Iriadi ditetapkan KPU Kabupaten Solok tidak lulus uji kesehatan, berdasarkan rekomendasi IDI Sumbar.

Pihak Iriadi kemudian memeriksa ulang kesehatannya di  di Rumah Sakit Jantung DKI Jakarta dan Rumah Sakit Semen Padang Hospital. Hasilnya, dokter menyatakan sehat.

“Hal ini tentu kita pertanyakan karena KPU membuat keputusan atas asumsi seseorang ke depan, tentu kita Iriadi dan pendukungnya tidak bisa menerima keputusan itu,” kata tokoh rantau Solok, Eddie Moeras SH MH di Padang.

“Tapi dengan kejelimetan KPU Kabupaten Solok itu ternyata masih diduga dan dimungkinkan penetapan Paslon Pilkada keliru dan mengundang kontroversi dan menguntungkan orang lain serta dimungkinkan merugikan juga pihak lain,” tambahnya.

Dalam hal ini, kata Eddie Moeras KPU Kabupaten Solok patur diduga Memutuskan dalam Penetapannya terhadap Hasil Pemeriksaan Kesehatan Calon Bupati Ir H Iriadi Dt. Temunggung menyimpulkan berdasarkan Asumsi terhadap sesuatu yang belum terjadi dan atau sesuatu yang belum pasti terjadi terhadap kesehatan Seseorang di masa yang akan datang.

“Seharusnya juga ada data pembanding sebelum KPU menetapkan rekomendasi IDI tersebut, sehingga para calon dialyani secara adil,” jelas Eddie.

Setelah melapor ke Bawaslu, Eddie berharap ada keputusan yang adil, sehingga tidak ada yang dirugikan atas keputusan KPU tersebut. 

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga