Agar Terbebas Dari Musibah, Sebuah Desa di Kota Pariaman Lakukan ''Ratik Tolak Bala''

Agar Terbebas Dari Musibah Sebuah Desa di Kota Pariaman Lakukan Ratik Tolak Bala Plt Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin membuka kegiatan ratik tolak bala

Covesia.com - Agar desa dan masyarakat terbebas dari musibah serta meningkatkan hasil perekonomian masyarakat, Pemerintahan Desa (Perdes) Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan "ratik tolak bala."

"Ratik Tolak bala ini adalah dalam rangka meminta kepada Allah agar semua masyarakat terhindar dari bala," sebut Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, saat pembukaan kegiatan tersebut, pada Senin (12/10/2020).

Lanjut Mardison, kegiatan ini merupakan warisan budaya yang harus dipertahankan oleh masyarakat, dengan kondisi bangsa dan daerah saat ini tengah diuji oleh Allah.

"Dengan kondisi saat ini satu-satunya desa yang melaksanakan ratik tolak bala hanya Desa Taluak, dan kami memberikan apresiasi kepada perdes dan masyarakatnya," ucapnya.

Mardison berharap, dengan kegiatan ini semua masyarakat terbebas dari segala musibah dan perekonomian masyarakat tetap stabil atau meningkat. 

"Semoga dengan kegiatan ini masyarakat tetap diberikesehatan dan dimudahkan rezkinya," ujar Mardison.

Selain itu, Mardison juga mangajak kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak.

Sementata itu, Kepala Desa Taluak Ismet Zuhri mengatakan, kegiatan tolak bala ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Taluak. 

"Disini pada umumnya masyarakat kami nelayan, ada kalanya hasil tangkapan masyarakat menurun, dan kami lakukan ratik tolak bala," katanya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, dengan cara berkeliling desa dengan seluruh masyarakat dan dimulai setelah shalat isya nanti malam.

"Kita mengelilingi desa dan bertahlil dan meminta kepada Allah agar seluruh bala tertolak dan reski masyarakat meningkat," ungkapnya.

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga